Jangan Remehkan Gusi Berdarah!

New Delhi: Pyorrhea yang juga dikenal sebagai periodontitis merupakan gangguan di mana tulang dan ligamen yang menyangga gigi terpengaruh karena infeksi. Pada gangguan ini, gigi dan gusi yang sangat terpengaruh. Jika tidak diobati, maka dapat menimbulkan bau mulut.

Selain itu secara bertahap akan mengikis tulang rahang dan akhirnya gigi pun copot. Penyakit pada gusi adalah penyebab utama tanggalnya gigi pada orang dewasa. Penyebabnya, infeksi pada gusi dan gigi, kebersihan yang buruk, stres yang menyebabkan pasien melakukan grinding gigi, gizi buruk, dan defisiensi mikronutrien.

Kadang-kadang perdarahan di gusi, diikuti dengan rasa sakit, adanya ruang di antara gigi, keluar nanah dari gusi, serta merasa sensasi gatal atau ketidaknyamanan pada gusi. Penyakit gigi ini bisa dicegah dengan menyikat dan flossing dengan rajin.

Anda juga dapat menghindari bakteri buruk yang dapat menginfeksi gusi, tulang, dan ligamen dengan menggunakan minyak alami seperti peppermint dan spearmint. Mereka juga menghilangkan bakteri di dalam mulut. Selain itu buah-buahan dan sayuran yang merupakan sumber vitamin C, memainkan peran penting dalam pencegahan penyakit pada gusi.

Pencegahan juga bisa dilakukan dengan mengonsumsi jambu biji muda atau daunnya, wortel, pisang, dan lemon atau jus bayam mentah. Hindari makanan bertepung, makanan kaleng, junk food, kopi, teh, dan alkohol. Jangan lupa bersihkan mulut setelah makan dan hentikan merokok. Dan periksakan gigi Anda setiap enam bulan sekali.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s