Intel Segera Luncurkan Transistor 3-D

 San Francisco: Intel Corp mengumumkan pihaknya akan segera memproduksi massal sebuah chip yang menggunakan transistor baru dengan penampilan struktur tiga dimensi (3-D). Intel menyebutnya sebagai terobosan teknis terbaru dalam dunia mikroprosesor.

Seperti dilansir Xinhua, baru-baru ini, transistor 3-D yang disebut “Tri-Gate” ini merupakan model terbaru yang berdasarkan dari struktur transistor planar dua dimensi yang mendukung komputer, telepon seluler atau ponsel dan gadget modern lainnya.

“Para lmuwan dan insinyur Intel sekali lagi menciptakan kembali sebuah transistor jenis baru, kali ini mereka memanfaatkan dimensi ketiga,” kata Paul Otellini, pucuk eksekutif (CEO) Intel, dalam sebuah pernyataan.

Intel juga menunjukkan sebuah mikroprosesor berukuran 22-nanometer (nm) dengan kode nama “Ivy Bridge” akan menjadi chip bervolume tinggi pertama yang digunakan dalam transistor 3-D terbaru ini. Ivy Bridge ini dijadwalkan untuk masuk tahap produksi massal pada akhir tahun ini.

Menurut Intel, transistor 3-D memungkinkan chip beroperasi pada tegangan yang lebih rendah dengan kebocoran yang lebih rendah dibandingkan dengan transistor sebelumnya. Serta, menyediakan hingga 37 persen peningkatan kinerja pada tegangan rendah versus transistor 32nm perusahaan planar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s