Keren! Cukup ‘Klik’ Lihat Kebijakan Pemerinta

 Virginia: Bagaimana caranya agar kebijakan pemerintah bisa diterima rakyatnya? Nah, ternyata caranya mudah saja dengan memanfaatkan kecanggihan internet. Melalui website, komunikasi pemerintah dan warganya-pun bisa saling menguntungkan.

Membuat video lewat bantuan YouTube ternyata cara yang sangat efektif untuk mempromosikan kebijakan pemerintah kota. Seperti yang dilakukan Pemerintah Kota Arlington, Virginia, Amerika Serikat.

Mulai video kebijakan membuang sampah dengan benar atau bagaimana caranya pemerintah mengolah air kotor menjadi air bersih yang lebih berguna. Anda yang hobi bersepeda pun bisa tahu jalur nama saja di kota yang aman dilewati.

Sekilas mungkin biasa saja, tapi memberitahu kebijakan lewat audio visual ala internet ternyata sangat efektif. Satu video bisa dilihat ratusan hingga ribuan orang penduduk kota ini.

“Kami punya ribuan orang yang menggunakan website setiap hari. Dan jadi penting membuat bagaimana agar hubungan antara warga dan pemerintah melalui internet menjadi mudah. Dan video bisa membantu menjelaskan program-program yang dijalankan pemerintah,” kata Pejabat Kantor Kotamadya Arlington, Amerika Serikat, Jennifer

Tak hanya berisi soal kebijakan, di website ini juga terdapat tempat -tempat yang layak dikunjungi turis. Hingga bagaimana caranya membayar pajak secara online. Bahkan, untuk membuat kartu penduduk semacam KTP pun warga tidak perlu keluar rumah. Cukup ‘klik’ websitenya dan warga bisa mengisinya secara online.

Nah, ternyata dari ide yang sederhana ini tak hanya pemerintah yang diuntungkan, warga pun bisa mendapat manfaatnya.(

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s