Waspada, Gejala Depresi Berisiko Lemahkan Tulang

Deakin: Sebuah penelitian terbaru menunjukkan gejala depresi dan perasaan cemas bisa berisiko melemahkan tulang Anda. Penelitian dilakukan tim peneliti dari Deakin, Australia, dan Universitas Norwegia yang muncul di Journal of Affective Disorders, baru-baru ini.

Mereka menganalisis data lebih dari 8.000 pria dan wanita asal Norwegia. Analisa itu menemukan adanya hubungan antara gejala depresi dan penurunan kepadatan mineral pada tulang. Kemudian, semua peserta menjalani scan kepadatan mineral tulang di bagian lengan.

Lana Williams, peneliti asal Deakin, mengatakan, “Penelitian ini menemukan bahwa gejala depresi dan kecemasan pada laki-laki ternyata adanya keterkaitan dengan menurunnya kepadatan mineral pada tulang.”

Williams menambahkan, “Ada beberapa faktor risiko yang dikenal untuk mempengaruhi kepadatan mineral tulang rendah, seperti lanjut usia, jenis kelamin (perempuan berada pada risiko yang lebih besar daripada laki-laki), kecenderungan keluarga, rendahnya tingkat hormon seks, asupan kalsium yang tidak memadai dan kekurangan vitamin D.”

“Ada kemungkinan bahwa miskinnya kesehatan mental juga bisa menjadi salah satu dari faktor-faktor risiko itu,” ucap Williams. Baru-baru ini, hubungan antara penyakit jiwa, terutama depresi, dan osteoporosis memang telah menjadi subyek dari pertumbuhan badan penelitian terbaru.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s