Klobot Disulap Menjadi Aneka Kerajinan Bunga

Surabaya: Sepintas daun jagung yang sudah kering atau biasa disebut klobot tak memiliki manfaat apapun selain untuk tambahan pakan ternak. Namun di tangan seorang perajin di Kota Surabaya, Jawa Timur, klobot dapat diubah menjadi aneka kerajinan bunga.

Yeti memulai usahanya dari sekadar coba-coba. Namun kreatifitas Yeti berbuah manis. Berbagai aneka kerajinan bunga berhasil diciptakan berkat ketekunan dan kerja kerasnya. Setelah delapan tahun bergelut dengan usahanya, kini dia telah memiliki enam karyawan.

Usaha pembuatan aneka kerajinan bunga dari daun jagung itu bukan tanpa kendala. Kesulitan paling sering dialami terlambatnya pasokan klobot yang biasanya didatangkan dari Bojonegoro, Malang, dan Jombang. Namun kendala itu tak membuat Yeti menjadi patah semangat.

Selain dipasarkan ke Yogyakarta, Bandung, dan Bali, usaha yang kini memiliki omzet Rp 20 juta per bulan itu sudah menembus pasar mancanegara seperti Singapura, Malaysia, dan Australia. Rencananya usaha kerajinan bunga klobot ini juga akan dipasarkan ke Eropa.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s