Mulailah Matikan Ponsel Anda!

 London: “Matikan ponsel Anda dan hidupkan waktu dengan keluarga”. Itulah pesan untuk orangtua yang melek teknologi di tengah-tengah kekhawatiran akibat kesibukan mereka dengan gadget yang selalu mendampingi mereka. Terkadang orangtua secara tak sadar mengabaikan anak-anak mereka karena asyik bermain dengan telepon seluler (ponsel) sambil ber-SMS, buka Twitter, surfing internet maupun bercakap-cakap di telepon.

Kini demi perkembangan anak, orangtua didesak mengalokasikan waktu untuk bebas dari teknolog setiap harinya, seiring dengan bangkitnya smartphone yang memakan waktu dalam keluarga, Selasa (10/5)

Kirim SMS sambil mendorong ayunan, berbicara di telepon saat jalan-jalan dengan anak atau membuka Facebook di taman merupakan bentuk gangguan saat orangtua bersama keluarga.

Ahli Keselamatan telah memperingatkan kurangnya perhatian orangtua bisa menempatkan anak-anak mereka dalam bahaya. Psikolog anak, Sally-Anne McCormack mengatakan teknologi semakin berdampak pada keluarga. “Kadang-kadang orangtua perlu untuk mencabut dan memasang kembali diri mereka lebih banyak untuk keluarga. Sisihkan waktu yang berkualitas,” katanya.

“Beberapa orangtua mungkin berpikir karena mereka berada di taman bermain, mereka menghabiskan waktu yang berkualitas dengan anak-anak mereka. Tetapi jika mereka bermain game di ponsel mereka atau melakukan beberapa pekerjaan, mereka sebenarnya tidak ada di sana,” ujarnya.

“Anak-anak bisa merasakan mereka dianggap tidak penting oleh orangtuanya jika mereka merasa terus-menerus diganggu,” tegasnya.

Ahli parenting Kathy Walker, mengatakan orangtua tidak harus selalu menanggapi SMS atau panggilan telepon sesegera mungkin. “Orangtua tidak selalu sadar akan hal itu, tapi mereka bertugas untuk bekerja dan bersosial 24/7 (24 jam dalam 7 hari),” katanya.

“Kami telah menjadi lebih dan lebih jauh dari anak-anak kami … Alat-alat seperti iPhone dan laptop membiarkan orangtua menghabiskan lebih banyak waktu dengan mereka,” ujarnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s