Si Tomat Pembangkit Nafsu Makan

Jakarta: Dalam buah tomat tersimpan berbagai khasiat. Salah satunya meningkatkan nafsu makan di pagi hari. Ada dua warna tomat yang kita temukan di pasaran. Tapi tomat seperti apa yang baik dikonsumsi?

Jika kita melihat di pasaran, kita bisa menemukan tomat dengan dua warna, yakni warna merah dan hijau. Perbedaan warna ini menunjukan kandungan vitaminnya.

Dokter Gizi dr Leane Suniar Manurung, menjelaskan dalam pigmen warna merah pada tomat, mempunyai nilai lebih lainnya. Warna merah pada tomat lebih banyak mengandung lycopene, yaitu suatu zat antioksidan yang dapat menghancurkan radikal bebas dalam tubuh akibat rokok, polusi dan sinar ultraviolet. Selain itu, belakangan diketahui lycopene juga berkhasiat membantu mencegah kerusakan sel yang dapat mengakibatkan kanker leher rahim, kanker prostat, kanker perut dan kanker pankreas.

“Memang lycopene tidak hanya ditemukan pada tomat, tetapi juga pada anggur merah, semangka dan pepaya. Namun, lycopene yang paling banyak terdapat pada tomat,” terang Leane seperti dikutip dari KlikDokter, Kamis (12/5).

Menurutnya tomat baik dikonsumsi siapapun sejak usia dini. “Apalagi tomat juga tinggi kandungan vitamin C dan vitamin A, yang bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh,” kata Leane.

Untuk mendapat khasiatnya, terutama bagi orang dewasa, Leane menganjurkan sebaiknya memakan tomat setiap pagi hari sebanyak satu atau dua buah. “Rasa asam pada tomat berasal dari kandungan asam sitrat menyebabkan tomat terasa segar, sehingga dapat menambah nafsu makan,” kata dokter gizi, dr. Leane Suniar Manurung.

Selain itu, rasa asam pada tomat sangat baik dikonsumsi saat kita mengalami mual atau dikonsumsi para wanita yang mengalami PMS (Pre-Menstrual Syndrome). Jika tak kuat dengan rasa masamnya, terutama untuk yang yang memiliki penyakit maag, Leane tak menyarankan mengkonsumsinya walapun dalam bentuk jus yang sudah ditambah gula, sebab akan memperburuk kondisi penyakit.

Sementara itu penelitian untuk buah tomat ini sudah dilakukan berbagai universitas. Pada penelitian di Wiloughby University, Ohio, tomat dipercaya dapat mengobati diare, serangan empedu, gangguan pencernaan, dan memulihkan fungsi lever.

Peneliti dari Rowett Research Institute di Aberdeen, Skotlandia, juga berhasil menemukan manfaat tomat lainnya. Menurutnya, gel berwarna kuning yang menyelubungi biji tomat dapat mencegah penggumpalan dan pembekuan darah yang dapat menyebabkan penyakit jantung dan stroke.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s