Anjing Bisa Deteksi Kanker

Washington DC: Anjing memang dikenal memiliki beragam kepiawaian. Tapi tahukah Anda jika anjing juga bisa mendeteksi kanker pada manusia?. Hal ini dialami Carol Witcher, mantan penderita kanker di Amerika Serikat. Menurut Carol, anjing peliharaannya yang berumur delapan tahun selama empat hari terus mengendus payudaranya yang sebelah kanan.

“Ketika dia mulai mengendus saya, dia melakukannya berulangkali tepat di payudara kanan saya. Dan sepertinya ini tidak baik,” kata Carol, belum lama ini.

Setelah diperiksa ternyata ditemukan penyakit kanker stadium tiga yang harus dioperasi, dan radiasi, serta kemoterafi. Menurut DR Graham Firmly, kanker bisa melepas zat kimia dari tubuh melalui keringat atau napas. Ini hanya bisa tercium oleh anjing tapi tidak manusia.

Kini tim dokter tengah mengembangkan cara deteksi kanker melalui embusan napas. “Dari penelitian yang dilakukan, 75 persen memang bisa benar membedakan mana pasien yang terkena kanker payudara dan tidak,” kata Graham.

Hal lain yang sekarang sedang dikembangkan tim dokter adalah melatih anjing agar bisa mendeteksi kanker lain, seperti saluran kemih. Pada awal latihan seekor anjing bisa mengendus dengan benar sebanyak 22 kali dari 54 percobaan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s