“Obat” Ajaib bagi Si Pencemas

Jakarta: “Jangan panik! Tarik napas dalam-dalam”. Pernyataan ini sering muncul baik di perfilm-an maupun dalam kehidupan nyata. Pernyataan ini terdengar seperti formula ajaib untuk mengobati kecemasan. Pasalnya, menarik napas dalam-dalam mampu merilekskan pikiran dalam seketika.

Pernapasan dalam tidak hanya membantu menghindari kecemasan. Para ahli mengklaim pernapasan dalam dapat memberikan manfaat kesehatan lainnya. Jika pola pernapasan tidak benar akan menghasilkan ketegangan, kelelahan, dan ketegangan vokal.

Bila Anda bernapas melalui dada Anda (juga dikenal sebagai pernapasan dangkal), udara yang masuk hanya volume kecil , yaitu Anda tidak mengambil oksigen yang cukup atau mengusir karbondioksida yang cukup. Akibatnya, racun dibangun dalam tubuh Anda dan Anda mulai kehilangan jumlah oksigen. Bernapas dalam dapat memiliki pengaruh kuat pada kesehatan Anda. Dengan latihan yang tepat, pernapasan dalam dapat menjadi cara standar untuk pernapasan dan meningkatkan umur Anda.

Bagaimana cara melakukan pernapasan dalam?

Cukup duduk tegak dengan bahu rileks dan mata tertutup. Pastikan Anda mengenakan pakaian longgar. Mengenakan celana ketat atau sabuk dapat mengganggu kemampuan tubuh untuk masuknya udara. Ambil napas dalam melalui hidung, perluas perut Anda. Tahan napas dengan hitungan lima dan perlahan-lahan menghembuskan napas melalui mulut Anda. Ulangi 10 sampai 15 kali. Anda dapat menempatkan tangan Anda di perut Anda (tepat di atas pinggang) untuk memastikan bahwa anda bernafas dengan benar. Tangan Anda harus bergerak keluar dan kembali saat Anda menarik napas dan menghembuskan napas. Ini berarti bahwa Anda menggunakan bagian bawah paru-paru Anda.

Untuk memulainya, Anda cukup mencurahkan sebagaian waktu setiap harinya untuk latihan pernapasan. Secara bertahap Anda dapat meningkatkan durasinya. Cobalah melakukan pernapasan dalam keadaan santai. Dan yang terpenting lakukan secara rutin dan melihat keajaiban pernapasan.

Berikut Manfaat Pernapasan Dalam:

1. Meredakan Stres: kegiatan harian dan jalinan asmara dapat meningkatkan stres. Artinya pernapasan Anda semakin cepat dan tekanan darah menjadi tinggi yang dapat berdampak buruk bagi kesehatan Anda. Bernapas dalam adalah salah satu cara terbaik untuk menurunkan stres dalam tubuh karena berfokus dan membersihkan pikiran Anda. Ketika Anda bernafas dalam-dalam, ia akan mengirimkan sinyal ke otak Anda untuk tenang dan rileks. Otak kemudian mengirimkan sinyal ini untuk tubuh Anda, sehingga Anda merasa santai.

2.Mengurangi Kecemasan: Kecemasan dapat membahayakan kesehatan dan dapat menyebabkan banyak masalah kesehatan dan penyakit. Berlatih pernapasan dalam membantu membersihkan setiap penyumbatan dalam pikiran Anda dan memberikan Anda kehidupan yang terfokus, dan dengan demikian melepaskan dan meringankan dari kecemasan.

3. Meningkatkan Sirkulasi Darah: Melakukan pernapasan dalams secara teratur dan meningkatkan pengiriman oksigen ke organ tubuh. Coba pernapasan dalam melalui perut Anda untuk meningkatkan pasokan oksigen ke organ-organ tubuh dan akan membantu mengembangkan keseluruhan sistem.

4. Membantu Detoksifikasi: Mengikuti proses pernapasan secara teratur membantu dalam detoksifikasi organ tubuh. Bernapas dalam membantu membuang akumulasi racun dari tubuh Anda.

5. Meningkatkan Kesejahteraan: Bernapas dalam merilis endorphines (bahan kimia tubuh untuk merasa-baik yang membunuh rasa sakit alami) ke dalam sistem. Hal ini juga melemaskan otot-otot, penyebab utama dari sakit leher, punggung dan nyeri perut. Beberapa studi telah menunjukkan bahwa pernapasan dalam juga dapat bermanfaat bagi penderita asma.

6. Menurunkan Tekanan Darah: Menurut sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal, The Lancet, pasien jantung dengan 12 sampai 14 napas dangkal per menit (enam napas per menit dianggap optimal) lebih cenderung memiliki kadar rendah oksigen darah, yang dapat mengganggu otot rangka dan fungsi metabolisme, dan menyebabkan atrofi otot (penurunan massa otot) dan intoleransi latihan. rutin latihan pernapasan telah terbukti untuk mengurangi tekanan darah.

7. Meningkatkan Kesehatan Fisik dan Mental: Bernapas dalam meningkatkan kadar oksigen darah, meningkatkan kesehatan dalam banyak cara, memperlambat denyut jantung Anda, meningkatkan sirkulasi, menurunkan tekanan darah Anda, dan membantu dalam pencernaan. Hal ini pada akhirnya membantu dalam meningkatkan kinerja mental dan energi.

8. Relaksasi usus: penelitian telah menunjukkan bahwa pernapasan dalam menenangkan perut dan membantu dalam gerakan perut yang tepat. Jika Anda mengalami masalah dengan buang air besar kemudian mencoba mengambil napas dalam-dalam saat Anda berada di tempat duduk toilet Anda.

9. Meredakan Gelisah: Gelisah adalah perasaan yang umum dialami oleh setiap orang. Kadang kegelisahan bagi sebagian besar orang mungkin merasa sangat sulit bahkan berbicara. Dalam kesempatan tersebut, napas dalam-dalam dapat diambil untuk mengatasi rasa takut tersebut. Hanya menutup mata Anda dan napas dalam selama satu atau dua. Fokus pada pernapasan Anda, pada darah dan darah mengalir melalui pembuluh darah Anda.

Mudahkan! Anda tak perlu menggunakan alat untuk mempraktikkannya. Jadi mulailah bernapas dalam-dalam untuk gaya hidup sehat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s