Rencana Pemusnahan Virus Cacar

London: Cacar yang merupakan salah satu penyakit mematikan di dunia telah habis dibasmi tiga dekade lalu. Ternyata beberapa dari virus mematikan itu masih dibiarkan hidup di bawah pengamanan ketat di Amerika Serikat dan Rusia. Kini para ahli di seluruh dunia tengah berdebat mengenai rencana untuk menghancurkan virus-virus tersebut.

Untuk kelima kalinya, pada pertemuan Organisasi Kesehatan Dunia minggu depan, mereka akan mencoba untuk meyakinkan para perwakilan dari seluruh dunia untuk mendukung rencana penghancuran virus tersebut. Namun, usaha mereka nampaknya akan sia-sia.

Pasalnya, pihak AS dan pejabat pemerintah Rusia memaparkan pentingnya untuk menyimpan beberapa dari virus cacar. Mereka berdalih virus masih diperlukan untuk mengembangkan vaksin juga obat-obatan.

“Ini akan menjadi ide yang bagus untuk menghancurkan virus cacar. Ini merupakan organisme yang sangat ditakuti,” kata Dr Donald A. Henderson, yang memimpin upaya pemberantasan WHO di tahun 1970-an.

Keiji Fukuda, asisten direktur jenderal WHO untuk keamanan kesehatan dan lingkungan, khawatir mengenai kemungkinan kembalinya wabah cacar. Untuk itulah ia menentang adanya rencana pemusnahan virus cacar tersebut. “Kemungkinan wabah cukup rendah, tetapi tidak nol. Jika cacar adalah untuk muncul kembali, kita akan berada dalam situasi yang jauh lebih baik daripada di masa lalu, mengingat persediaan vaksin dan strategi yang telah terbukti,” kata Fukuda.

Cacar merupakan salah satu penyakit paling mematikan dalam sejarah. Selama berabad-abad, virus telah menewaskan sekitar sepertiga dari orang yang terinfeksi, termasuk Queen Mary II dari Inggris. Kasus terakhir yang diketahui berada di Inggris pada tahun 1978 ketika seorang fotografer yang bekerja di atas laboratorium penanganan cacar, meninggal setelah tanpa sengaja terinfeksi virus yang menyebar lewat sistem saluran udara gedung.

Vaksin Cacar terbuat dari vaccinia, virus ringan terkait. “Kami memiliki banyak cara untuk melihat cacar, termasuk pemetaan gen, itu berarti kita tidak perlu virus (cacar) yang sebenarnya,” Imbuh Henderson.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s