Ayam Ngumpet Siap Santap

 Bandung: Banyak orang sudah tahu bahwa daging ayam bisa dimasak dengan berbagai cara. Namanya pun bisa bermacam-macam. Namun, mungkin tak banyak yang mengetahui jika ada kuliner unik di Bandung, Jawa Barat, yang diberi nama ayam ngumpet.

Lokasi rumah makan ayam ngumpet berada di kawasan Lembang, Bandung Barat. Sengaja diberi nama ayam ngumpet karena potongan daginnya tersembunyi di dalam daun rempah-rempah pilihan, seperti sereh, suji, dan pandan.

Untuk membuat hidangan ayam ngumpet cukup mudah. Diperlukan bahan baku yang terdiri dari bawang putih, kunyit, garam, gula, daun sereh, pandan, daun suji, biji cabai kering, dan tentu saja potongan daging ayam.

Pertama-tama masukan air, lalu rebus hingga mendidih. Selanjutnya masukan bumbu-bumbu tersebut. Terakhir barulah masukkan daging ayam yang telah dipotong-potong.

Diamkan sekitar 30 menit sampai racikan bumbu meresap. Kemudian daging ayam yang telah diberi racikan bumbu tadi disajikan di atas piring. Kemudian sembunyikan ayam di dalam dedaunan rempah yang sudah dimasak sebelumnya.

Ayam ngumpet pun siap disantap. Rasanya yang pedas menjadi salah satu ciri khas. Bahkan kadar kepedasannya itu bisa diatur sesuai permintaan konsumen.

Untuk satu porsi ayam ngumpet, pembeli cukup mengeluarkan uang sebesar Rp 80 ribu. Meskipun harganya terbilang cukup mahal, namun tidak mengurungkan niat para peminat ayam ngumpet untuk memburu kuliner unik tersebut.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s