Coba Sayur Asam Mat Alih, Yuk!

 Jakarta: Silih berganti pengunjung mampir di tempat makan Mat Alih berlokasi di Jalan Joglo Raya, Jakarta Barat. Ya, mereka sudah ketagihan rasa sayur asam Mat Alih yang sudah terkenal selama puluhan tahun. Menu lain di antaranya tahu, tempe, ikan, dan bakwan udang.

Muhammad Fauzi, pelanggan setia sayur asam Mat Alih mengakui kualitas rasa masakan Mat Alih. “Bukan saja enak, tapi enak buanget,” kata Fauzi, belum lama berselang.

Nama sayur asem Joglo memang dikenal lintas generasi. Karena sudah ada sejak 1970 lampau. Pemilik awalnya Haji Asman dan Mak Haji Kabul lalu diturunkan pada anaknya, Mat Alih. Ia kini mengelola warung juga bersama anak-anaknya. Selain menjaga baik rasa masakan, Mat Alih juga mempertahankan interior warung seperti aslinya. Lantainya pun masih tanah.

Rahasia kenikmatan sayur asem ini terletak pada kesegarannya. Saat sayur hampir habis, sayur baru dibuat lagi. Caranya masukkan sayuran yang sudah disiangi dalam air mendidih. Lalu tumbuk garam, bawang, dan cabai setengah halus. Tambahkan kacang tanah yang sudah disiram air panas serta oncom.

Selanjutnya masukkan semua yang diolah tadi ke dalam panci. Sambil menunggu air mendidih, tumbuk asam. Setelah air mendidih masukkan ke dalam asam aduk-aduk dan masukkan air asam dalam panci.

Satu piring sayur asem dijual seharga Rp 10.000 rupiah. Sedangkan lauk ikan dan bakwan udang Rp 7.500. Sayur asem Haji Mat Alih Joglo buka setiap hari dari jam 08.00 WIB sampai 16.00 WIB.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s