Hindari Stres untuk Jauhi Gangguan Mulut

Jakarta: Taukah Anda salah satu penyebab sariawan, herpes pada rongga mulut, bruxism (menggeretakkan gigi), dan penyakit gusi, tidak hanya karena kekurangan vitamin, tetapi mungkin karena saat ini Anda sedang mengalami stres? Penelitian menunjukkan, mereka yang sedang merasa tertekan menghasilkan hormon kortisol dalam jumlah besar.

Hormon ini dapat menyebabkan kerusakan pada gusi dan tubuh. Stres juga dapat mendorong orang untuk tidak merawat gigi dengan baik. Setidaknya lebih dari 50 persen orang tidak menyikat gigi secara teratur saat mereka mengalami stres.

Berikut cara yang dapat dilakukan agar tidak terserang penyakit mulut dan gigi ketika stres mulai melanda:

1. Jangan mengonsumsi makanan yang pedas, panas, atau makanan yang mengandung tingkat keasaman tinggi.

2. Anda dapat membuat pikiran rileks dengan melakukan tindakan yang menenangkan. Contohnya, dengarkan playlist favorit di Ipod, mandi air hangat atau relaksasi di spa. Cara ini dapat membantu menghambat produksi hormon kortisol.

3. Bila gejala bruxism makin parah, bisa terjadi temporomandibular joint yaitu kelainan pada sendi yang berfungsi di rahang bawah. Setiap kita membuka mulut akan muncul suara “klik” dan pusing yang berkepanjangan. Bila sudah seperti ini, kita harus memeriksakan diri ke dokter gigi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s