Cegah Kanker Usus dengan Makanan Berserat

 London: Makanan kaya serat dapat mencegah serangan kanker usus. Demikian hasil penelitian yang dilakukan oleh para ahli di Imperial College, baru-baru ini.

Penelitian yang dibiayai oleh World Cancer Research Fund (WCRF) menemukan mengonsumsi tiga porsi makanan kaya serat dalam sehari dapat mengurangi risiko terserang kanker usus. Untuk lepas dari penyakit ini, para ahli menganjurkan agar rutin mengonsumsi sereal, gandum, buah-buahan, sayuran, juga kacang-kacangan.

Kanker usus (besar rectum) atau sering disebut kanker kolorektal merupakan salah satu jenis kanker yang terjadi pada jaringan kolon/usus besar atau rektum. Kanker ini adalah salah satu dari bentuk kanker yang paling umum dan penyebab kedua kematian yang disebabkan oleh kanker di dunia Barat.

Kanker kolorektal biasanya tidak menimbulkan gejala pada stadium awal. Gejala biasanya baru timbul pada stadium lanjut. Gejala-gejala kanker usus yaitu, tinja berbentuk runcing (seperti pinsil), darah dalam tinja, perubahan kebiasaan BAB (diare atau sembelit yang semakin intens), sakit perut, sering kelelahan, dan p

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s