Jangan Khawatir Saat Menopause

 Jakarta: Menopause adalah berhentinya siklus menstruasi secara fisiologis yang berkaitan dengan tingkat lanjut usia perempuan. Seorang wanita yang mengalami menopause alamiah, sama sekali tidak dapat mengetahui apakah saat menstruasi tertentu benar-benar merupakan menstruasinya yang terakhir sampai satu tahun berlalu. Menopause kadang-kadang disebut sebagai perubahan kehidupan.

Ketika seorang wanita menopause, kadar estrogennya turun drastis. Sehingga memicu reaksi dalam dirinya yang dapat mempengaruhi kehidupan seksual. Menopause pada wanita adalah waktu mengalami perubahan fisik yang luar biasa sehingga juga mengubah perilaku. Wanita membutuhkan pemahaman dan dukungan dari pasangan di saat-saat penting untuk melalui tantangan seperti hilangnya massa payudara, berat badan, dan mengendurnya kulit.

Problema yang umum saat wanita mengalami fase menopause adalah mengeringnya vagina dan vulva yang dapat membuat hubungan seksual menyakitkan. Tentunya ini juga mengakibatkan hilangnya minat berhubungan intim. Saluran kencing juga dapat terinfeksi lantaran mengeringnya kedua bagian dari organ intim ini.

Pada beberapa wanita menopause, ada juga masalah pengendalian kandung kemih yang menyebabkan rasa tidak nyaman atau kecemasan selama melakukan aktivitas seksual. Hal ini dapat menimbulkan stres. Jika sudah begitu, libido atau hasrat bercinta pun kian berkurang.

Saat Anda mengalami menopause dan ingin bercinta, komunikasikan dulu dengan pasangan. Menurut Dr. David Delwin, praktisi umum dan psikoterapis, perempuan menikmati seks dan mencapai orgasme, bahkan multiple orgasme lebih sering ditemukan pascamenopause. Pasalnya, wanita tak harus cemas bahwa mereka akan hamil lagi.

David kembali menjelaskan wanita begitu menikmati bercinta pascamenopause. Karena, pasangan tak akan sungkan menyuntikan sperma dan wanita tentunya memperoleh banyak keuntungan dari cairan tersebut. Intinya, lihatlah sisi terang alias bagian positifnya jika berbicara seks di saat menopause, yang jelas Anda tak memiliki hambatan ketika bercinta jika sudah lihai.(

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s