Hati-hati, Konsol Game Sebabkan Radang Sendi

 London: Hati-hati jika anak-anak Anda mulai keranjingan main game di konsol game atau di ponselnya. Sebuah penelitian menunjukkan, anak-anak yang berumur delapan tahun menderita nyeri tulang seperti radang sendi akibat terlalu sering menggunakan konsol game atau ponsel pintarnya.

Sebagaimana dikutip harian The Sun, para pakar mengungkapkan bahwa anak-anak yang bermain berjam-jam dengan playStation dan Xbox atau menggunakan iPhone dan BlackBerry, terkena gangguan sendi yang biasanya hanya terlihat pada pasien berusia tua dengan rematik kronis.

Gangguan sendiri itu terjadi lantaran anak-anak itu menggerakkan tangan dan jari-jarinya berulangkali untuk mengendalikan mesin permainan. Anak-anak itu bahkan bisa bermain selama paling tidak tujuh jam saat akhir pekan.

Konferensi para pakar radang sendi dan rematik di London menyatakan, penelitian di Inggris dan Amerika Serikat menunjukkan gerakan tangan dan jari berulang-ulang menciptakan sejumlah rasa sakit dan nyeri pada anak-anak yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Jumlah anak-anak yang menderita gangguan sendi di Inggris maupuan Amerika jumlahnya terus meningkat, seiring dengan maraknya budaya main game dan sms.

Pada pertemuan tahunan, konsultan EULAR, European League Against Rheumatism, mengatakan hampir 90 persen anak-anak Inggris berusia kira-kira delapan tahun memiliki setidaknya satu game konsol.

Penelitian serupa pada anak-anak juga menunjukkan bahwa mengetik SMS secara rutin, khususnya mereka yang menggunakan ponsel seperti BlackBerry dan iPhone juga menderita sakit pergelangan tangan dan jari-jari.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s