Jerman Gelar Rapat Bahas Timun Mematik

 Hamburg: Timun mematikan ternyata bikin pusing beberapa pemerintah di kawasan Eropa. Tak terkecuali Jerman. Pemerintah Jerman sampai mengadakan pertemuan terkait laporan 14 warga tewas dan ratusan lainnya dirawat di rumah sakit setelah mengonsumsi ketimun yang diduga mengandung bakteri Escherichia Coli (EHEC). Hingga kini, tiga di antara korban tewas ada hubungannya dengan bakteri tersebut.

“Tiga orang yang meninggal dunia telah resmi terkait dengan bakteri EHEC. Dan totalnya, lebih dari selusin orang menghadap maut menurut pemerintah daerah,” kata pihak Lembaga Penyakit Jerman, Robert Koch Institute (RKI).

Sementara itu, dokter di Jerman kesulitan mengobati penyakit ini lantaran dapat berakhir ke kegagalan ginjal.

“Kami mencatat 61 orang dewasa dirawat di rumah sakit. Dan duapuluh satu di antaranya dalam penanganan intensif,” ujar juru bicara Klinik Universitas Eppendorf di Hamburg.

Spanyol sebagai importir utama mentimun ke Jerman merasa dituduh oleh Uni Eropa sebagai dalang dari sayuran mematikan tersebut. Diego Lopez Garrido, Sekretaris Negara (Spanyol) untuk Urusan Eropa menampik adanya kandungan EHEC dalam mentimun mereka lantaran belum ada bukti.

Pihak Parlemen Spanyol untuk Pertanian Clara Aguilera, menyatakan tidak paham produksi timun asal Spanyol disalahkan. Ia berharap tidak ada kepentingan komersial dalam kasus mentimun mematikan ini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s