Anak Tak Siap Sekolah karena Orangtua?

 London: Pengasuhan yang kurang dari orangtua bisa mempengaruhi kesiapan anak memulai sekolah. Pola pengasuhan yang inilah yang menyebabkan setengah anak-anak yang tidak siap sekolah dan tidak mampu memegang pensil.

Menurut psikolog neuro, Sally Goddard Blythe, sebanyak 48 persen anak-anak usia lima tahun yang memulai sekolah yang memiliki motor skill seorang bayi. Penyebabnya, orangtua yang terlalu sibuk atau lalai. Sehingga mereka tidak bisa menyanyikan lagu pengantar tidur ataupun bermain bersama mereka.

“Orangtua juga gagal untuk membacakan kisah-kisah dongeng kepada anak-anak mereka– yang merupakan kunci untuk mengajar perilaku, moral, dan empati,” kata Blythe.

Blythe melakukan studi kepada 64 anak-anak di sekolah dasar di Northumberland.

Hasil penelitian menunjukkan jejak refleks bayi 48 persennya berada pada anak-anak di tahun pertama dan 35 persen dari tahun keempat. Sebanyak 88 persen anak-anak berusia tujuh dan delapan mempunyai masalah.

Anak-anak yang terlambat memulai sekolah dasar akhirnya akan menderita sepanjang pendidikan mereka. Direktur Institute of Neuro-Fisiologis Psikologi juga mengatakan masalah ini terus meningkat. “Ini mengkhawatirkan melihat proporsi anak-anak dengan kemampuan motorik yang immature ketika mereka memulai sekolah, terlepas dari intelijensi”.

“Kami melihat profil anak-anak dengan jenis masalah ini, yang sebagian berasal dari orangtua yang sangat sibuk yang tidak punya waktu untuk mengajar anak-anak tentang keterampilan dasar seperti menggunakan pisau dan garpu dan berpakaian sendiri.

Menurutnya, orangtua terkadang berpikir akan lebih cepat jika mereka yang melakukannya. Padahal kebutuhan biologis dimulai dengan perkembangan isik. “Kita perlu mengingatkan orangtua bahwa anak-anak memiliki kebutuhan biologis serta kebutuhan sosial dan budaya,” jelasnya.

“Dalam dunia kita yang semakin urban dan teknologi semakin berkembang, maka semakin sedikit waktu dan kurangnya ruang serta pemahaman tentang pentingnya bermain yang membuat anak-anak siap untuk sekolah,” jelasnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s