Cegah Rabies, Pemerintah Tambah Rp 1,7 Miliar

 Denpasar: Kementerian Pertanian (Kementan) mengucurkan Rp 1,7 miliar untuk mengatasi kekurangan dana gerakan massal pemberantasan rabies (Gempar) melalui vaksinasi anjing secara menyeluruh tahap kedua di Bali tahun ini. “Dengan dukungan dana yang sudah memadai itu diharapkan pelaksanaan vaksinasi anjing mampu menjangkau seluruh sasaran,” kata Kepala Dinas Peternakan Provinsi Bali Putu Sumantra di Denpasar, Jumat (3/6).

Program Gempar mendapat dukungan dana dari pemerintah pusat dan Pemprov Bali dengan nilai total Rp 20 miliar. Putu Sumantra menambahkan, Pemprov Bali lewat APBD setempat mengalokasikan dana sebesar Rp 2 miliar untuk 200 ribu ekor, karena setiap ekornya dialokasikan dana Rp 10 ribu.

Sekretaris Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian Fauzi Luthan mengawali kegiatan vaksinasi massal tersebut awal pekan lalu dengan menyerahkan bantuan 200 ribu dosis virus antirabies (VAR). Vaksinasi anjing secara massal dan berkesinambungan itu sangat penting untuk menjadikan Bali bebas rabies. Selama sepekan, pelaksanaan vaksinasi massal tersebut telah menjangkau 4.587 ekor dari sasaran sekitar 300 ribu ekor anjing di Bali.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s