Jumlah Perokok Indonesia Terbesar Ketiga di Dunia

 Jakarta: Tahukah Anda, menurut data Badan Kesehatan Dunia, jumlah perokok di Indonesia adalah terbesar ketiga di dunia dan kematian akibat kebiasaan merokok mencapai 400 ribu orang per tahun. Zat aditif yang terdapat di dalam rokok, sangat berbahaya dan menyebabkan perokok rentan terhadap berbagai macam penyakit seperti jantung, kanker paru-paru, dan stroke misalnya.

Karena ketika asap rokok masuk ke paru-paru, maka 4.000 jenis racun pun akan ikut masuk ke dalam paru-paru Anda beserta 43 senyawa penyebab kanker. Apa jadinya, jika setiap hari selama beberapa kali sehari rokok itu dikonsumsi dan masuk ke dalam tubuh Anda? Hal ini menyebabkan setiap menit 10 orang meninggal karena merokok. Wow, angka yang fantastis untuk penyebab yang kelihatannya begitu ringan.

Fakta yang mengejutkan yang perlu menjadi perhatian kita adalah bahwa saat ini sekitar 20 persen dari satu milyar perokok di dunia adalah wanita. Di Indonesia sendiri, menurut data Dirjen Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan, Departemen Kesehatan, persentase perokok pria sebanyak 65.9% sementara wanita 4.5%.

Dalam sebuah penelitian dari The National Institute for Health and Clinical Excellence dan UK Centre for Tobacco Control Studies, ditemukan bahwa wanita lebih sulit berhenti daripada pria, meskipun lebih banyak wanita yang berniat untuk itu dibandingkan pria. Ditemukan juga bahwa perokok aktif lama dapat lebih mudah berhenti dibanding perokok pemula.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s