Awas, Gabapentin Hilangkan Orgasme Pria

 Washington: Apakah Anda termasuk pria yang biasa mengkonsumsi Gabapentin? Gabapentin adalah jenis obat yang biasa digunakan sebagai pereda sakit neuropati, kejang, dan penyakit bipolar pada pasien usia lanjut. Jika jawabannya adalah YA, berarti Anda harus berhati-hati.

Hasil penelitian yang dimuat dalam jurnal edisi terbaru American Journal of Geriatric Pharmacotherapy menemukan bahwa obat itu dapat menghilangkan pengalaman berorgasme.

“Hasil penelitian ini ternyata terjadi jauh lebih tinggi daripada yang dilaporkan dalam uji klinis asli. Gabapentin yang berefek anorgasmia terjadi secara umum pada pasien yang lebih tua. Lebih jauh lagi, terjadinya anorgasmia tergantung pada dosis. Dalam semua kasus orgasme kembali ditemukan ketika penggunaan Gabapentin berkurang atau berhenti” kata Michael D. Perloff, asisten profesor neurologi di Boston University School of Medicine.

Antikonvulsan ini lebih sering diresepkan sebagai obat untuk opioid pada pasien dalam kelompok usia 44-82 tahun. Selama bertahun-tahun, Gabapentin menjadi obat pilihan ampuh karena efek sampingnya yang dirasakan tidak terlalu parah seperti hanya mengantuk. Selain itu, obat penghilang rasa sakit itu dapat menghilangkan pusing dengan waktu singkat.

Penelitian terbaru juga menunjukkan bahwa tiga dari 11 pasien yang berusia lebih dari 50 tahun mengalami anorgasmia setelah mengonsumsi Gabapentin (yang dijual dengan nama Neurontin). Hal ini sangat berbeda dengan hanya 10 kasus, yang melibatkan pasien lebih muda dengan usia rata-rata 38 tahun, ditemukan mengalami anorgasme, sejak obat ini diperkenalkan pada 1993.

“Jika anorgasmia terjadi, pasien harus memastikan dosisnya agar dihentikan dan kemungkinan terjadi tergantung pada dosis,” saran Perloff.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s