Wabah E.coli Disebarkan Tauge?

 Lower: Tauge yang banyak ditanam di wilayah utara Jerman diduga sebagai penyebab menyebarnya bakteri E.coli yang menyebabkan puluhan orang meninggal dunia. Menteri Pertanian Negara Bagian Lower Saxony, Gert Lindemann mengatakan diperoleh bukti yang mengarah ke sebuah pusat penanaman tauge di Uelzen, 100 kilometer sebelah selatan Hamburg.

“Tempat itu menanam berbagai macam tauge dari benih yang diimpor dari beberapa negara,” kata Lindemann seperti dikutip BBC Indonesia. Tempat penanaman itu tak hanya menanam tauge tapi juga mengembangkan berbagai jenis sayuran yang bisa digunakan sebagai salad. Tempat itu sudah ditutup meski pemerintah menyatakan sumber wabah itu belum benar-benar dapat dipastikan.

Akibat temuan ini, pemerintah Jerman menganjurkan agar warganya untuk sementara menghentikan konsumsi tauge. Pernyataan ini sebenarnya berpotensi memalukan bagi pemerintah Jerman yang sebelumnya menuding hasil pertanian Spanyol sebagai sumber wabah.

Lebih dari 2.150 orang di Jerman dinyatakan terinfeksi bakteri enterohaemorrhagic coli. Sebagian dari bakteri itu berkembang menjadi haemolytic-uraemic syndrome (HUS) yang mematikan. Kasus wabah E.coli ini terpusat di Hamburg dan menginfeksi 12 negara yang memiliki jalur transportasi dengan Jerman. Sejauh ini wabah tersebut sudah mengakibatkan 21 orang meninggal dunia di Jerman dan satu orang lainnya di Swedia.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s