Operasi Obesitas Bikin Umur Makin Pendek?

 Chicago: Operasi penurunan berat badan pada pria tua dengan obesitas membuat umurnya menjadi lebih pendek. Atau, setidaknya hanya bertahan dalam waktu tujuh tahun ke depan. Demikian hasil penelitian yang dimuat laman The Associated Press, Senin (13/6).

Penelitian-penelitian sebelumnya menemukan bahwa operasi perut stapel dan operasi obesitas lain dapat meningkatkan ketahanan hidup setelah dua sampai sepuluh tahun. Namun, penelitian terbaru yang meneliti pria veteran berusia lanjut menunjukkan hal sebaliknya, justru mengurangi usia.

Temuan sebelumnya berasal dari penelitian terhadap wanita yang lebih muda. “Hampir seluruh hasil penelitian sebelumnya menemukan bahwa operasi bariatrik dihubungkan dengan penurunan mortalitas. Tapi penelitian itu dilakukan pada populasi pasien yang sangat berbeda dengan menggunakan metode yang kurang ketat,” kata pemimpin penulis Matius Maciejewski dari Veterans Affairs Medical Center di Durham, North Carolina.

Menurut beberapa ahli, kerusakan organ pasien akibat obesitas sudah sejak lama “dituding” sebagai faktor yang menambah resiko operasi penuruan berat badan. “Temuan ini sudah sedikit terlambat,” kata Philip Schauer dari Cleveland Clinic Bariatric dan Metabolic Institute. “Seharusnya hal ini sudah diintervensikan sejak awal untuk manfaat kelangsungan hidup.”

Bukti dari manfaat kesehatan operasi obesitas itu semakin meningkat saat ini. Karena itu, temuan baru itu dapat mengejutkan banyak orang. Sejauh ini, para dokter AS sudah melakukan operasi obesitas lebih dari 200.000 per tahun dengan perkiraan biaya sebesar US$ 3 miliar sampai US$ 5 miliar.

Penelitian baru, yang dirilis Ahad kemarin dan bertepatan dengan pertemuan medis, itu akan muncul dalam Journal of American Medical Association yang diterbitkan Rabu pekan ini.

Sebelumnya juga diyakini bahwa operasi obesitas berguna dalam peningkatan kualitas hidup, berat badan dan penurunan gejala diabetes, tekanan darah, dan penyakit tidur apnea. Hal inilah yang membuat banyak orang berbondong-bondong melakukan operasi.(SHA)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s