Orang Kidal Cenderung Buruk dalam Berkelompok

 Sydney: Orang yang kidal berpikir otak mereka lebih unggul. Artinya orang lain berada di belakang mereka. Namun apa yang dikatakan mereka tidak semuanya benar. Mitos kidal cenderung lebih berbakat itu dipatahkan oleh Profesor Mike Nicholls, dari Adelaide University Flinders.

Temuan ini tidak mendukung temuan bakat dari 10 persen populasi yang bertangan kidal, termasuk David Cameron, Barack Obama, Angelina Jolie, Paul McCartney, dan Pangeran William.

Nicholls mengatakan kekuatan otak orang kidal sama dengan orang yang lahir prematur. Profesor Mike Nicholls mempelajari 5.000 anak usia lima tahun. Ia memeriksa pekerjaan mereka di sekolah, mendengarkan apa yang dikatakan guru tentang mereka dan sampai pada kesimpulan kidal cenderung lebih buruk dalam berkelompok dibandingkan yang menggunakan tangan kanan.

Dia menambahkan bahwa penurunan kemampuan kognitif pada orang kidal itu kecil, tapi mirip dengan ‘hasil negatif’ dari yang lahir prematur. “Jumlah defisit yang kita amati sebagai hasil dari kidal adalah sama besarnya dengan yang lahir prematur, “kata Profesor Nicholls.

“Ini kecil, tapi tetap signifikan (negatif) hasil yang kita mengamati”.

Nicholls juga membantah penyebab kidal akibat kelahiran yang salah. “Tidak benar untuk mengatakan bahwa kidal adalah hasil dari sesuatu yang terjadi pada saat kelahiran yang salah, seperti yang kepercayaan yang sudah populer,” jelasnya.

Menurut kelompok tangan kiri internasional, mereka unggul khususnya di tenis, renang bisbol, dan pagar. Empat dari lima desainer asli dari komputer Macintosh adalah kidal dan satu dari empat astronot Apollo adalah kidal. Kelompok-kelompok juga bersikeras bahwa kidal umumnya lebih cerdas, lebih tampan, lebih imajinatif dan lebih multi-berbakat dari si tangan kanan.(DailyMail/MEL)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s