Ada Wajah Gandhi Muncul di Mars?

 Milan: Saat memerhatikan kiriman foto dari Pengorbit Mars dari Eropa Matteo Lenno, seorang pengamat luar angkasa asal Italia, menemukan wajah yang menyerupai Mahatma Gandhi di permukaan Planet Mars, baru-baru ini. Menurut Lenno, penampakan wajah tokoh spiritual India itu begitu mirip dengan aslinya. Berkepala plontos, berkumis, dan beralis tebal.

Penampakan Gandhi di Mars bukan kali ini saja. Pada Juli 1976, pengorbit Amerika Viking 1, juga menjepret wajah Gandhi yang muncul di permukaan Mars. Namun, banyak ahli astronomi yang menyangkal foto tersebut dengan menyebutnya sebagai buatan manusia yang berarti hanya rekayasa belaka.

Seperti diberitakan Daily Mail, memang belum ada keterangan resmi dari NASA terkait hal ini. Namun, tahun silam, kamera satelit canggih milik NASA ingin membuktikan kebenaran penampakan di permukaan Mars tersebut. Muncul pula sketsa wajah manusia di hamparan lembah Planet Mars.

Melihat wajah atau apa pun yang mirip sesuatu di alam adalah pareidolia, sebuah fenomena psikologis yang melibatkan stimulus samar-samar dan acak. Sama halnya ketika muncul sosok yang menyerupai Petruk pada awan di atas Gunung Merapi. Kemunculannya menuai kontroversi karena menurut beberapa ahli, penampakannya tak akan sama jika dilihat dari berbagai sudut. (Vin)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s