Apple Setuju Bayar Lisensi ke Nokia

 Helsinki: Setelah sengketa berkepanjangan masalah hak paten, Apple Inc akhirnya sepakat untuk membayar lisensi kepada Nokia. Kesepakatan tersebut diumumkan pada Selasa (14/6).

Berdasarkan kesepakatan itu, Apple akan membayar royalti yang sedang berjalan dalam satu kali pembayaran. Apple juga bersedia untuk mengakhiri perselisihan dan menarik semua gugatannya di pengadilan. Namun, nilai yang disepakati dan jenis paten tidak diungkapkan.

“Kami sangat senang Apple menambah daftar panjang jumlah pemegang lisensi Nokia. Kesepakatan ini menunjukkan industri portofolio paten Nokia terkemukan dan memungkinkan kita untuk fokus pada peluang lisensi lanjutan di pasar komunikasi mobile,” kata CEO Nokia, Stephen Elop.

Apple dan Nokia terlibat perseteruan hak paten dalam jangka waktu yang cukup panjang. Keduanya saling tuding bahwa lawannya telah melanggar hak paten yang mencakup fitur-fitur seperti menggesekkan gerakan pada layar sentuh dan built-in “app store” untuk mengunduh program terbaru.

Nokia mengajukan gugatan perdananya pada tahun 2009. Apple membalasnya dengan meluncurkan klaim sendiri atas pelanggaran serupa.(AP/MEL)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s