Malaysia Akan Tutup Situs Download Ilegal

 Kuala Lumpur: Ribuan warga Malaysia pada Ahad kemarin menggelar aksi protes secara online kepada pemerintah. Mereka tak terima rencana pemerintah memblokade 10 situs populer penyedia file film, acara TV, dan musik ilegal. Demikian yang dilaporkan Associated Press, Senin (13/6).

Menurut Komisi Komunikasi dan Multimedia Malaysia, langkah ini dibuat untuk membatasi pembajakan dunia hiburan di dunia maya yang sudah lama menjadi permintaan para pihak industri hiburan, terkait menurunnya penjualan DVD dan CD asli. Sebanyak 6.500 orang telah bergabung di halaman Facebook yang berisi seruan penolakan tersebut.

Pemblokiran juga tampaknya berujung tak menentu oleh para penyedia layanan internet Malaysia. Sebagian besar pengguna mengeluh pada Sabtu lalu, mereka tak bisa mengakses situs itu, tetapi beberapa pengguna bisa mengakses kembali pada Ahad kemarin. Sementara, pengguna lain menggunakan jalur akses alternatif untuk menghindari larangan.

Kesepuluh situs termasuk Pirate Bay, sebuah situs berbasis Swedia yang sudah menghadapi tuntutan hukum oleh perusahaan-perusahaan hiburan di Eropa atas keluhan pelanggaran hak cipta. Menurut Komisi Multimedia, larangan tersebut juga diminta pihak Departemen Perdagangan untuk membantu menegakkan peraturan hak cipta.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s