Samsung Diprediksi Geser Nokia di Pasar Smartphone

 Helsinki: Samsung Electronics Co Ltd. akan dinobatkan sebagai produsen penghasil ponsel smartphone terbanyak di dunia pertama pada kuartal kedua saat ini. Pencapaian ini sekaligus mengambilalih posisi Nokia yang menjadi pemimpin di pasar sejak 1996 silam.

Menurut survei Kantar Worldpanel ComTech, Senin (13/6), memperlihatkan saham Nokia di pasar smartphone di Inggris, yang dipandang sebagai indikator kunci di Eropa, turun menjadi 10,6 persen dalam 12 pekan. Berlanjut sampai pertengahan Mei dari 31 persen pada periode yang sama tahun sebelumnya.

Tak hanya Samsung, produsen ternama Apple juga diperkirakan menduduki posisi kedua setelahnya dan mendepak Nokia ke posisi tiga. “Nokia tampaknya akan menyerahkan mahkotanya kepada Samsung dan Apple,” kata analis Nomura dalam sebuah pernyatan dari penelitiannya.

“Untuk pergeseran kekuasaan selanjutnya, Nokia diprediksi akan setara dengan produsen ternama Asia, HTC, pada 2012 mendatang,” tambah Nomura. Perusahaan penelitian Gartner dan Canalys juga mengatakan Nokia, yang menciptakan pasar smartphone sejak 1996 dengan peluncuran model Communicator, akan kehilangan kepemimpinan volume-nya di pasar smartphone pada akhir tahun ini.

“Jika ponsel baru Nokia tidak diterima dengan baik pada kuartal ketiga berikutnya dan pesaingnya S2 Galaxy yang laris manis, Samsung akan berhasil menyusulnya dan menjadi pemimpin smartphone di kuartal ketiga,” kata analis Gartner Carolina Milanesi.(Reuters/JAY/AIS)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s