ayo, Pelihara Tanaman Pot di Dalam Kantor

 Helsinki: Anda stres karena pekerjaan di kantor masih menumpuk? Nah, solusinya cukup dengan memelihara tanaman pot di dekat meja Anda. Alasannya, tanaman pot tidak hanya menerangi kantor tapi juga membantu mengurangi stres dan meningkatkan kesehatan.

Penelitian yang dipimpin ahli psikologi lingkungan, Dr Tina Bringslimark, dan timnya di Universitas Norwegia of Life Science, dan Universitas Uppsala, Swedia, menemukan bahwa memelihara tanaman pot di kantor membantu mengurangi stres, kelelahan, tenggorokan kering, sakit kepala, batuk, dan kulit kering.

Para peneliti percaya bahwa tanaman dan mikroba yang ada di tanah mampu menyisihkan senyawa organik yang dapat mempengaruhi kesehatan.

“Itu juga bisa menjadi penjelasan psikologis bahwa orang percaya tanaman lebih sehat dan cenderung mengevaluasi kesehatan pribadi mereka untuk lebih optimis,” kata Bringslimark seperti dilansir Daily Mail, Rabu (15/6).

Menurut laporan WHO, polutan berbahaya di dalam ruangan merupakan masalah kesehatan yang serius yang bertanggung jawab kepada lebih dari 1,6 juta kematian di seluruh dunia setiap tahunnya.

Dalam penelitian tersebut melibatkan 385 pekerja kantor, para peneliti mengamati rata-rata tingkat sakit dan jumlah tanaman yang terlihat oleh pekerja dari meja mereka. Para peserta kemudian dibandingkan pada kegiatan sederhana yakni menyelesaikan tugas-tugas komputer di ruang yang ada dan tanpa tanaman.

Karyawan yang ada di ruang yang memiliki tanaman banyak menjadi produktif, dan dilaporkan 12 persen waktu reaksinya lebih cepat dibandingkan dengan orang lain. Mereka juga ditemukan sedikit mengalami stres dan memiliki tekanan darah rendah.

Para peneliti menegaskan bahwa tanaman subyek yang dapat dilihat, mengurangi sakit yang ditinggalkan. Ini berarti bahwa menjaga tanaman pot di kantor memiliki efek positif pada mental dan kesejahteraan psikologis individu.

“Penelitian ini menegaskan bahwa umumnya tanaman rumah dapat berkontribusi pada tingkat stres yang lebih rendah,” kata Dr Virginia Lohr, yang memimpin penelitian.

Penelitian itu juga membuktikan bahwa kadar debu di tempat kerja dapat dikurangi hingga 20 persen jika tanaman dedaunan diperkenalkan. Bringslimark menambahkan tanaman dedaunan mungkin lebih baik dibandingkan tanaman berbunga.

“Permukaan daun yang paling besar menghasilkan oksigen dan membantu mengurai zat beracun di udara,” katanya.

Sebelumnya pada tahun 2006, sebuah studi oleh Universitas Texas dan Washington State University di Amerika Serikat dan Universitas Surrey di Inggris juga mengungkapkan bahwa menjaga tanaman pot di seluruh kantor bisa mengurangi stres dan meningkatkan produktivitas.(MEL)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s