Obama mengumumkan rencana penarikan pasukan Afganistan

Presiden Barack Obama mengumumkan Rabu malam bahwa semua 33.000 tambahan pasukan AS ke Afghanistan ia memerintahkan pada bulan Desember 2009 akan rumah dalam 15 bulan.

Dalam pidato yang disiarkan secara nasional dari Ruang Timur Gedung Putih, Obama mengatakan 10.000 pasukan “gelombang” akan menarik diri pada akhir tahun ini, dan 23.000 lainnya akan meninggalkan Afghanistan bulan September 2012.

Memanggil penyebaran surge “salah satu keputusan yang paling sulit yang saya buat sebagai presiden,” kata Obama kampanye militer “mencapai tujuan kami” di Afghanistan dan penarikan itu akan dimulai “dari posisi kekuatan.”

“Al Qaeda adalah di bawah tekanan lebih dari pada setiap saat sejak 9 / 11,” kata Obama. “Bersama dengan Pakistan, kami telah mengambil lebih dari setengah dari pemimpin Al-Qaeda Dan berkat profesional intelijen dan pasukan khusus, kami membunuh Osama bin Laden, pemimpin hanya bahwa Al-Qaidah pernah dikenal.. Ini adalah kemenangan untuk semua yang telah bertugas sejak 9 / 11. ”

Pada saat yang sama, Obama mengatakan penarikan Afghanistan dan berliku simultan turun dari perang di Irak akan membantu Amerika Serikat mulai memfokuskan kembali perhatian dan sumber daya pada upaya untuk menyelesaikan masalah ekonomi dan lainnya dan untuk menyatukan bangsa politik dibagi.

“Amerika, sekarang saatnya untuk fokus pada pembangunan bangsa di sini, di rumah,” kata Presiden.

Penarikan pasukan dari Afghanistan akan dimulai bulan depan, karena Obama berjanji ketika ia memerintahkan gelora dalam sebuah pidato 18 bulan lalu di US Military Academy di West Point, New York.Setelah kepergian semua kekuatan gelombang, penyebaran total AS militer di Afghanistan akan sedikit kurang dari 70.000 tentara.

Kerangka waktu Obama akan memberikan dua komandan AS “pertempuran” musim dengan sebagian besar pasukan AS masih tersedia untuk operasi tempur.

Ini juga akan membawa pulang pasukan gelombang sebelum pemilihan November 2012 di mana Obama akan mencari masa jabatan kedua.

Reaksi awal bervariasi, dengan keluar Menteri Pertahanan Robert Gates mendukung keputusan Obama sementara para pemimpin Kongres dibagi antara mereka yang menginginkan penarikan lebih cepat dan lain-lain menyerukan untuk berhati-hati dalam meninggalkan Afghanistan.

“Sangat penting bahwa kita mempertahankan fleksibilitas yang diperlukan untuk mempertimbangkan kembali tingkat pasukan dan merespon perubahan dalam lingkungan keamanan harus situasi di surat tanah,” kata Ketua DPR John Boehner, R-Ohio, dalam sebuah pernyataan. “Adalah harapan saya bahwa presiden akan terus mendengarkan komandan kami di lapangan seperti yang kita bergerak maju. Kongres akan memegang pemerintahan bertanggung jawab untuk memastikan bahwa laju dan ruang lingkup penarikan tersebut tidak merongrong kemajuan yang kita buat sejauh ini . ”

Senator John McCain, R-Arizona, lebih tumpul, mengatakan: “. Ini bukan ‘sederhana’ penarikan yang saya dan yang lainnya harapkan dan menganjurkan”

Rekan Demokrat Obama menyatakan dukungan untuk memulai penarikan tapi mengatakan lebih banyak pasukan harus dimasukkan dan mereka harus berangkat lebih cepat dari presiden diumumkan.

“Ini telah menjadi harapan banyak di Kongres dan di seluruh negara bahwa penarikan penuh pasukan AS akan terjadi lebih cepat dari presiden diletakkan – dan kami akan terus menekan untuk hasil yang lebih baik,” Rumah Minoritas Pemimpin Nancy Pelosi, D -California, mengatakan dalam sebuah pernyataan.

Dua kandidat untuk nominasi presiden Partai Republik untuk dijalankan terhadap Obama tahun depan keberatan tentang strategi penarikan, namun berbeda dalam penalaran mereka.

“Kami semua ingin tentara kami pulang sesegera mungkin, tapi kita tidak harus mematuhi jadwal sewenang-wenang pada penarikan” dari Afghanistan, mantan gubernur Massachusetts Mitt Romney mengatakan dalam sebuah pernyataan. “Keputusan ini tidak harus didasarkan pada politik atau ekonomi.”

Dalam pernyataannya sendiri, mantan Gubernur Utah Jon Huntsman, yang Duta Besar Obama ke China sampai saat ini, yang disebut untuk memindahkan misi Afghanistan untuk “upaya counterterror terfokus yang membutuhkan sepatu secara signifikan lebih sedikit di lapangan dari presiden dibahas malam ini.”

“Kita perlu penarikan yang aman tapi cepat, yang mendorong Afghanistan untuk memikul tanggung jawab, sementara meninggalkan di tempat kontra yang kuat dan upaya pasukan khusus proporsional dengan ancaman,” kata Huntsman.

Menurut pejabat senior pemerintah, gelombang pasukan terpenuhi strategi untuk memfokuskan kembali upaya perang AS dari Irak ke Afghanistan.

Karena gelora, para pejabat kepada wartawan, misi militer di Afghanistan telah membuat kemajuan besar ke arah tujuan pembongkaran dan mengalahkan al-Qaeda di wilayah sementara menstabilkan negara untuk mencegah dari lagi menyediakan tempat yang aman untuk perencanaan serangan teroris di Amerika Serikat.

Pembunuhan bin Laden pada awal Mei dan keberhasilan dalam membalikkan momentum Taliban di provinsi selatan Helmand dan Kandahar memungkinkan awal dari penarikan pasukan yang akan berujung dengan menyerahkan tanggung jawab keamanan kepada pasukan Afghanistan pada tahun 2014, pejabat senior pemerintah mengatakan pada kondisi tidak diidentifikasi.Dalam pidato tersebut, Obama mengumumkan bahwa Chicago akan menjadi tuan rumah pertemuan puncak NATO Mei 2012 untuk meninjau misi Afghanistan dan strategi ke depan.

Gates – bersama dengan komandan perang Afghanistan Jenderal David Petraeus – telah mendorong untuk penarikan awal 3.000 sampai 5.000 tentara tahun ini, menurut sumber Kongres. Gates juga mendesak Presiden untuk menarik pasukan hanya mendukung – bukan pasukan tempur.

Obama, akhirnya memutuskan untuk mengadopsi rencana penarikan lebih agresif. Para pejabat senior pemerintah mengatakan jadwal penarikan Obama jatuh dalam berbagai pilihan yang disajikan kepadanya oleh Petraeus. Umum telah dinominasikan untuk menjadi direktur CIA untuk berhasil Leon Panetta, yang akan mengambil alih sebagai menteri pertahanan ketika Gates mundur pada akhir bulan.

Dalam sebuah pernyataan setelah pidato Obama, Gates mengatakan itu adalah “kritis” bahwa pasukan AS terus “agresif” melaksanakan strategi lonjakan menurunkan kemampuan Taliban sementara menyarungkan pasukan keamanan Afghanistan.

“Saya mendukung keputusan presiden karena memberikan komandan kita dengan sumber daya yang cukup, waktu dan, mungkin yang paling penting, fleksibilitas untuk membawa gelombang ke kesimpulan yang sukses,” kata Gates, sinyal kontrol Pentagon memutuskan mana pasukan AS untuk mundur.

Minggu ini, Gates mengakui bahwa presiden harus memperhitungkan opini publik dan dukungan kongres untuk keterlibatan militer lebih lanjut.

“Keberlanjutan di sini di rumah” adalah suatu pertimbangan penting, Gates mengatakan, mencatat bahwa orang-orang “lelah satu dekade perang.”

Kelelahan publik dengan konflik tercermin dalam jajak pendapat terakhir publik. Hampir tiga perempat dari Amerika mendukung Amerika Serikat menarik sebagian atau seluruh pasukannya dari Afghanistan, menurut sebuah survei CNN 3-07 Juni / Opinion Research Corp.

Angka melonjak 10 poin sejak Mei, mungkin sebagai akibat dari kematian bin Laden, kata jajak pendapat.

Partai Republik – yang telah menjadi pendukung terkuat kehadiran militer AS di Afghanistan – adalah pergeseran pendapat mereka tentang konflik. Pada bulan Mei, 47% dari Partai Republik mengatakan mereka lebih menyukai penarikan sebagian atau penuh pasukan Amerika. Angka itu meningkat menjadi 60% bulan ini.

Divisi yang tajam telah tercermin di Kongres, di mana Demokrat dan Republik semakin terpecah.

Senator Joe Manchin, D-Virginia Barat, yang disebut Selasa untuk “pengurangan substansial dan bertanggung jawab” dalam tingkat pasukan, berdebat perang telah menjadi sumber daya fiskal yang tidak bertanggung jawab dan lebih perlu difokuskan pada masalah-masalah domestik.

Amerika Serikat telah menghabiskan sekitar $ 443.000.000.000 pada perang di Afghanistan, menurut analis anggaran. Menurut Travis Sharp, seorang peneliti di Pusat Keamanan Amerika Baru, pengurangan pasukan Obama mengumumkan akan membawa penghematan sekitar $ 7 miliar pada tahun fiskal 2012.

Sampai Rabu, Obama mengatakan di depan umum hanya bahwa pasukan akan dimulai pada bulan Juli pulang, dan dia baru-baru ini menunjukkan jumlah awal ditarik akan “signifikan.”

Para pejabat senior pemerintah mengatakan kepada CNN bahwa perencanaan untuk pengumuman dimulai pada Januari, ketika Presiden memanggil anggota atas tim keamanan nasionalnya ke Oval Office dan bertugas dengan datang dengan rencana untuk penarikan itu.

Perhitungan yang masuk ke keputusan penarikan termasuk fakta bahwa kemajuan “luar biasa” dan “tak terduga” telah dibuat infrastruktur merendahkan Al-Qaeda di pangkalan di wilayah suku Pakistan selama 18 bulan sebelumnya, salah satu pejabat mengatakan.

Selain itu, Taliban telah digulung kembali dari daerah jantung mereka di selatan dan barat daya Afghanistan, baik di utara dan selatan Provinsi Helmand dan di sekitar kota kunci Kandahar, yang telah modal mereka secara de facto. Kemajuan ini memenuhi janji pemerintah untuk membalikkan momentum Taliban, yang telah salah satu alasan-alasan kunci untuk gelora.

Faktor lain yang mendukung penarikan itu pertumbuhan tentara Afghanistan dan pasukan polisi dari 100.000 orang pada tahun lalu, kata para pejabat.

Kemajuan militer telah memungkinkan beberapa kemajuan politik, dengan pasukan keamanan Afghanistan mempersiapkan tahun ini untuk mengambil alih tujuh daerah di Afghanistan yang merupakan rumah bagi sekitar 20% dari populasi.

Pasukan khusus operasi terhadap “manajemen tengah” Taliban di Afghanistan telah memberikan tekanan signifikan terhadap mereka dan telah membuka lebih banyak kesempatan untuk “rekonsiliasi” dengan Taliban, kata para pejabat.

Seorang pejabat Gedung Putih mengatakan pemerintah “tidak berbintang bermata” tentang prospek diskusi dengan Taliban dan tidak mengantisipasi hal seperti “Perjanjian Versailles,” yang mengakhiri Perang Dunia I. Namun, kata pejabat itu, sekarang ada antara “10 dan 20 lead” bahwa Amerika Serikat sadar yang dapat menyebabkan pembicaraan substantif dengan Taliban.

Pejabat itu mengatakan lead dalam fase “eksplorasi” dan bahwa Amerika Serikat telah diberi pengarahan Presiden Afghanistan Hamid Karzai tentang mereka.

Penyebaran pasukan AS belum populer dengan banyak pemimpin Afghanistan, yang mengkritik kehadiran Amerika di negara mereka. Ini adalah pesan yang tidak hilang pada Karl Eikenberry, duta besar AS untuk Afghanistan.

“Ketika kita mendengar diri kita sendiri yang disebut penjajah dan buruk, kebanggaan kami tersinggung, dan kita mulai kehilangan inspirasi kita untuk melakukan,” kata Eikenberry Minggu selama pidato di Universitas Herat di Afghanistan barat. “Pada titik para pemimpin Anda percaya bahwa kita sedang melakukan lebih berbahaya daripada baik, ketika kita mencapai titik yang kita merasa tentara kami dan warga sipil diminta untuk mengorbankan tanpa alasan yang hanya … rakyat Amerika akan meminta pasukan kami untuk datang rumah. ”

CNN Aliza Kassim, Barbara Starr, Ted Barrett, Deirdre Walsh, Tom Cohen, Alan Silverleib dan Brianna Keilar dan CNN Keamanan Nasional Analis Peter Bergen kontribusi untuk laporan ini.

BErikut Video presiden barak obama

http://i.cdn.turner.com/cnn/.element/apps/cvp/3.0/swf/cnn_416x234_embed.swf?context=embed_edition&videoId=politics/2011/06/22/sot.obama.afghanistan.speech.cnn

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s