Sundoro Keliling Dunia dengan Kursi Roda

 Gianyar: Cacat fisik tak selalu menjadi hambatan bagi seseorang untuk meraih cita-cita. Semangat itulah yang membara dalam dada Sundoro, pria asal Desa Kencang, Kecamatan Jember, Jawa Timur.

“Apa yang saya lakukan ini hanya untuk membuktikan kasih Tuhan, karena 19 tahun silam tepatnya 1992, mengalami kecelakaan yang membuat saya harus duduk di kursi roda,” kata Sundoro ketika ditemui di Mapolres Gianyar, Kamis (23/6).

Kala itu, kaki Sundoro tertusuk besi pembatas tebu dan kemudian terjatuh dari truk yang membuat urat nadinya mati rasa.

“Urat syaraf kaki saya mati rasa. Sebenarnya terapi yang disarankan dokter lumayan bisa membuat kaki saya bisa merasakan sesuatu. Namun karena saya memiliki diabetes, akhirnya penyembuhan susah,” ungkap pria beranak empat tersebut.

Sejak saat itulah Sundoro harus melakukan segala sesuatu aktivitasnya dari atas kursi roda. Gairah hidup sempat turun dan cenderung menyalahkan Tuhan yang dinilainya tidak adil. Namun, karena istrinya Rohaya yang tabah dan selalu siap menolongnya, lambat laun membuat Sundoro kembali memiliki semangat hidup.

“Sejak tahun 2009, akhirnya saya putuskan untuk keliling dunia guna membuktikan kasih Tuhan itu ada. Otomatis, komunikasi dengan sang istri hanya melalui telepon seluler,” ujarnya penuh semangat.

Awal petualangannya dimulai dari wilayah Jawa Timur. Dirinya menyisir semua kabupaten yang ada di daerah tersebut. Sundoro kemudian mulai menyisir seluru kabupaten di Jatim seorang diri. Setelah Jatim, pria yang penuh semangat itu pun bergeser ke Jawa Tengah dan kemudian ke Jawa Barat.

“Saya awali dari Jawa Timur, Jawa Tengah, lalu Jawa Barat. Selanjutnya, saya lanjutkan ke Madura dan baru ke Bali ini, setelah itu keliling Filipina dan Thailand,” katanya.

Di Bali, Sundoro baru mengunjungi Kabupaten Buleleng, Tabanan, Denpasar, Badung, dan Bangli, lalu ke Gianyar. Selanjutnya, rencana suami Rohaya ini akan meneruskan perjalanan petualangannya ke Karangasem dan Klungkung dan segera menyeberang ke Lombok, Nusa Tenggara Barat. (ANT/Vin)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s