Pestisida Punya Pengaruh Buruk pada Payudara

Washington: Penggunaan bahan kimia sejak dini dapat mengubah perkembangan payudara seorang gadis remaja. Risiko lain bisa meningkatkan risiko terhadap pertumbuhan kanker beberapa tahun kemudian. Demikian hasil sebuah penelitian terbaru yang diterbitkan dalam jurnal Environmental Health Perspectives.

Para perempuan juga diperingatkan akan mengalami masalah pada saat menyusui anak. Penelitian ini mengamati pengaruh penggunaan bahan kimia pada tikus ketika masih dalam rahim. Hal ini dilakukan karena perkembangan payudara dan penyebaran kanker dalam tubuh terjadi serupa pada tikus dan manusia.

Penelitian ini menunjukkan, ketika tubuh secara hormonal terkena beberapa zat kimia aktif seperti pestisida dan bisphenol A, yang ditemukan dalam ribuan plastik di kehidupan sehari-hari. Kelenjar susu mereka tak tumbuh secara normal dan perkembangan payudara akan terpengaruhi.

Tim yang dipimpin Julia Brody dari Spring Institute di Massachusetts Silent, menulis: “Payudara berkembang dalam jangka waktu yang panjang, dengan awal kerentanan dalam rahim dan terus tumbuh sampai kehamilan pertama.”

Mereka menambahkan, dosis rendah bahan kimia juga dibutuhkan untuk mempengaruhi jaringan payudara sensitif dibandingkan dengan daerah lain dari anggota tubuh. Para peneliti memperingatkan: “Beberapa bahan kimia yang masuk ke pasar dan digunakan dalam kehidupan sehari-hari sebaikanya dievaluasi untuk risiko ini.”(Zeenews/JAY/AIS)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s