Dokter RSCM Perdalam Teknik Laparoscopy

Jakarta: Dunia kedokteran Indonesia terus berkembang. Sejumlah dokter spesialis bedah dari Rumah Sakit Cipto Mangunkusomo, Jakarta Pusat, kini mendalami operasi laparoscopy dari seorang pakar bedah dunia asal Malaysia, Profesor Tan Hock Lim.

Laparoscopy adalah teknik bedah yang meninggalkan bekas luka seminimal mungkin. Bekas pembedahan dari teknik ini memang jauh berbeda dengan bekas pembedahan dari teknik biasa. “Sekarang, dengan laparoscopy (luka operasi) bisa dengan dua milimeter,” kata Amir Tayeb, dokter spesialis bedah RS Cipto Mangunkusumo di Jakarta, Kamis (30/6).

Namun, tak mudah untuk mempelajari teknik bedah ini. Seorang dokter spesialis umumnya butuh waktu sekitar empat tahun untuk mendalami prosedur ini.

Profesor Tan mengembangkan laparoscopy sejak bertugas di salah satu rumah sakit di Melbourne, Australia. Berawal dari teknik mengeluarkan batu ginjal yang dikembangkan ahli bedah dari Inggris, ia menerapkannya untuk membedah bayi dan anak-anak.

Teknik bedah laparoscopy memang membutuhkan biaya tak sedikit. Sebab, teknik ini harus dilakukan dengan alat bedah dan alat monitor khusus.(BOG)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s