Awas, Pria Kegemukan Sulit Punya Anak!

 Stockholm: Benarkah pria gemuk yang berkelebihan berat badan berpeluang rendah untuk menjadi bapak alias memiliki anak? Sebuah studi, Senin (4/7) yang dilakukan para dokter ahli dan para peneliti sperma membuat suatu penelitian tentang kesuburan dan kualitas sperma. Para ahli meneliti 1.940 sampel sperma pria dan mencocokkannya dengan berat badan pendonor.

Tolok ukurnya adalah indeks massa tubuh (BMI), ukuran lemak tubuh di kalangan orang dewasa. Berdasarkan itu, berat tubuh normal didefinisikan sebagai BMI 18,5-25; kelebihan berat 25-30 dan kegemukan sebagai 30 atau lebih.

Makin tinggi hitungan pada berat yang berlebihan, maka makin buruk kualitas spermanya. Temuan itu berlaku untuk mereka yang masuk dalam kategori kegemukan. Hasil temuan para ahli itu pun diajukan ke konferensi tahunan European Society of Human Reproduction and Embryology (ESHRE) di Stockholm, Swedia.

“Kelebihan berat badan mengakibatkan perubahan pada ciri sperma, mungkin akibat gangguan hormon, yang mengakibatkan jumlah sperma, mortalitas dan vitalitas yang lebih sedikit,” kata Direktur Ilmu Pengetahuan di Eylau-Unilabs di Paris, bagian dari jaringan laboratorium di 12 negara Eropa yang berpusat di Swiss, Paul Cohen-Bacrie.

Menurut Cohen, kondisi kelebihan berat badan akan mengakibatkan hilangnya potensi pembuahan. Dalam penelitian tersebut juga diperoleh hasil bahwa pria berkelebihan berat badan jumlah spermanya lebih sedikit sampai 10-20 persen dibanding pria dengan timpalan berat badan normal.
(ANT/AFP)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s