New Captiva, Melaju Mulus di Tanjakan

Jakarta: Bagi yang hobi travelling menyusuri jalan-jalan pegunungan yang naik turun dan berliku, New Chevrolet Captiva mungkin cocok menjadi teman Anda karena mobil SUV model baru Chevrolet ini begitu nyaman. Suspensinya tergolong empuk, melaju enteng ketika menanjak, dan perpindahan kecepatan begitu lembut. Perpindahan kecepatan dari gigi ke gigi terasa ada tenaga baru di setiap tingkatannya.

Pada acara 100 Years Captiva Anniversary Expedition 1 hingga 3 Juli silam di Lombok, Nusa Tenggara Barat, yang menempuh rute Senggigi-Pusuk-Pantai Sira-Gondang-Batu Keruk-Senaru dan Senggigi-Kediri-Praya-Sade-Kuta-Mataram, kehandalan New Captiva benar-benar diuji.

Sepanjang rute yang telah ditentukan, New Captiva melaju mulus di setiap tanjakan, jalan menurun, maupun di banyak tikungan tajam. Dengan berkendara nyaman bersama New Captiva, pengendara masih bisa menyaksikan pemandangan menabjubkan Lombok yang mempesona.

Kenapa perpindahan gigi begitu lembut? Itu lantaran New Captiva memiliki enam kecepatan (speed) sehingga secara teknikal jarak dari gear ke gear begitu dekat. Namun jangan khawatir, ada tenaga baru setiap Anda beralih dari gigi satu ke dua, dua ke tiga dan seterusnya.

Baik pada model manual maupun transmisi otomatis, Chevrolet New Captiva menawarkan keunggulan-keunggulan masing-masing.

Ketimbang dengan mobil bertransmisi lima kecepatan, New Captiva transmisi otomatis Tiptronic 6-speed diklaim lebih ekonomis dalam penggunaan bahan bakar. Gas emisinya juga lebih rendah, akselerasi lebih baik dan smoothness, tidak bising, kemampuan engine braking yang lebih baik.

Fitur Eco Drive yang dapat Anda aktifkan melalui tombol di samping tuas transmisi, mampu menghemat bahan bakar 10 hingga 15 persen.

Pada sisi eksteriornya, New Captiva hadir dengan bumper depan yang sudah disempurnakan, headlamp-nya dibingkai dengan black painted bezels, outline foglamp dengan desain baru, dan logo Chevrolet yang lebih besar.

Mobil berkapasitas tujuh tempat duduk ini menggunakan velg ring 17 inci untuk meningkatkan kenyamanan berkendara. Dan di bagian belakang dilengkapi sensor parkir yang bisa memperingatkan anda dengan “tanda bunyi” ketika bagian belakang sudah dekat dengan objek lain.

Bagaimana dengan ruang kemudi dan dashboard-nya? Dashboard New Captiva didesain dual cockpit, dan konsol di samping kemudi tersedia ruang penyimpanan yang lebih besar.

Di ruang kemudi, Anda akan melihat sesuatu yang berbeda–tidak ada tuas handbrake–di samping kursi pengemudi. Tetapi, Anda akan menemukan satu panel hitam (seperti tombol) yang berada di belakang tuas transmisi.

Rem tangan elektronik inovasi Chevrolet ini akan memudahkan Anda dalam mengoperasikannya, cukup ditarik dengan jari telunjuk, handbrake sudah aktif.

Berbeda dengan sistem rem tangan manual, electronic parking brake New Captiva akan sangat memudahkan anda ketika terjebak dalam kemacetan atau mengantre di jalan menanjak.

Pada New Captiva transmisi manual, Anda cukup menginjak kopling dan menekan pedal gas secara perlahan untuk menonaktifkan. Artinya, handbrake secara otomatis akan “terlepas” tanpa Anda menyentuh panel di belakang tuas kemudi.

Belum lagi perangkat DIC and Bluetooth Support yang ada di tengah dashboard–di samping kemudi, memungkinkan Anda menghubungkan ponsel maupun pemutar musik hanya melalui koneksi wireless, bluetooth. Performa audio-nya sudah mengesankan dengan teknologi 3DSS (3D surround system).

Suspensi dan Mesin

Anda pasti pernah mengalami, bagian belakang mobil anda turun dan depan sedikit terangkat ketika membawa beban berat di kabin. Itu tidak akan terjadi pada New Captiva.

Suspensi New Captiva sudah menggunakan teknologi self levelizers, yang secara otomatis akan menyesuaikan naik ke tinggi normal ketika membawa beban berat. Dengan self levelizers tentu saja suspensi tetap stabil meskipun Anda berkendara dengan kapasitas kabin penuh.

New Captiva mengusung mesin bensin 2,4 L berkonfigurasi empat silinder segaris lewat teknologi double overhead camshafts (DOCH) dengan double continuously variable cam-pashing (DCVCP).

Mesin ini mampu menghasilkan tenaga maksimum 171 PS pada 6.400 rpm dan torsi maksimum 225 Nm pada 4.800 rpm. Adapun timing chain dilengkapi dengan dua balance shaft yang didesain mampu berumur panjang dan tanpa maintenance khusus.

Sistem pengapiannya berperforma tinggi dan bisa meningkatkan tenaga mesin karena sudah bersistem elektronik. Tanpa kabel busi seperti pada kebanyakan mobil.

Dengan sistem electronic returnless fuel system, bahan bakar akan terpompa ke mesin sesuai kebutuhan. Aliran bahan bakar dari tangki akan otomatis melambat ketika bahan bakar yang dibutuhkan mesin telah mencukupi.

Anda berminat? Di Indonesia, New Captiva tersedia dalam beberapa warna, auburn brown, alphine white, black sapphire, royal gray, dan sterling silver.

New Captiva akan diluncurkan ke publik untuk pertama kalinya di Jakarta pada ajang Indonesia International Motor Show 2011 nanti.(ANS/Ant)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s