Bau Kaki Bunuh Nyamuk? Pake kaos kaki sebelum tidur

Dodoma: Bau tubuh manusia memang menjadi daya tarik sendiri bagi banyak hewan dan serangga. Untuk itulah, para ilmuwan dari Ifakara Health Institute, Tanzania, menggunakan bau kaki manusia sebagai perangkap nyamuk.

Dalam penelitiannya, para ahli meminta relawan untuk memakai sepasang kaus kaki selama minimal 10 jam. Kaos kaki tersebut kemudian dimasukkan ke dalam perangkap yang terbuat dari kanvas dan kotak kayu untuk menarik perhatian nyamuk. Ketika nyamuk berusaha untuk mendekati kaos kaki, maka ia akan terperangkap di jaring-jaring yang telah dilapisi insektisida, Kamis (14/7).

Penelitian yang telah dilakukan sejak dua tahun lalu ini bertujuan untuk membantu upaya pemerintah mengurangi kasus kematian akibat serangan malaria. Malaria merupakan salah satu pembunuh terbesar di negara-negara berkembang. Organisasi kesehatan Dunia (WHO) mencatat, ada lebih dari 250 juta kasus serangan malaria dan 800 ribu kasus kematian akibat malaria setiap tahunnya.

“Kami menemukan 74 sampai 95% nyamuk yang mendarat diperangkap kami akan mati terbunuh insektisida. Kami berharap hasil penelitian kami dapat mengurangi tingkat kematian yang diakibatkan oleh malaria,” kata pimpinan penelitian, Dr. Fredros Okumu.(Zeenews/MEL)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s