Saatnya Memilih Rumah Hemat Energi

Bantul: Krisis energi menjadi ancaman serius bagi bangsa ini. Namun ada solusi menarik yang bisa dijadikan pilihan, yakni menerapkan rumah hemat energi.

Sebuah rumah berlantai dua di Bantul, Dairan Istimewa Yogyakarta, bisa menjadi contoh. Rumah itu dirancang dengan konsep hemat energi oleh kalangan kampus Universitas Muhammadyah Yogyakarta dan Casindo—lembaga donor dari Belanda.

Rumah itu tidak memerlukan pendingin ruangan dan minim penggunaan lampu, karena memiliki jendela yang fleksibel. Desain jendelanya memungkinkan cahaya dan udara dapat dimaksimalkan. Tak hanya itu, pengaturan ventilasi yang lebih banyak membuat sirkulasi udara lebih lancar.

Yang terpenting lagi, rumah itu tidak tergantung pada pasokan energi dari luar. Rumah itu mempunyai sumber energi mandiri, berupa solar cell atau pembangkit listrik tenaga matahari.

“Rumah berstruktur baja ini juga tanpa menggunakan kayu sedikit pun, sehingga lebih ramah lingkungan,” kata Sri Atmaja, peneliti dari Universitas Muhammadiah Yogyakarta.

Sayangnya, biaya pembangunan rumah itu terbilang tinggi. Paling tidak dibutuhkan anggaran hingga Rp 200 juta untuk mewjudukannnya. Pembuatan solar cell menjadi salah satu komponen yang mengeluarkan banyak biaya.(SHA)

2 thoughts on “Saatnya Memilih Rumah Hemat Energi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s