Efek Buruk Situs Mesin Pencari

New York: Di era yang serba praktis, situs mesin pencari memang menjadi idola untuk sumber referensi tepercaya. Namun, penggunaan situs ini memiliki efek buruk bagi cara kerja otak. Sebuah penelitian yang dilakukan para ahli dari Universitas Colombia, New York, Amerika Serikat, baru-baru ini, menemukan mereka yang gemar menggunakan bantuan situs mesin pencari memiliki memori yang lemah.

Dalam penelitian bertajuk Google Effects on Memory: Consequences of having information at our Fingertips ini menunjukkan saat manusia terlalu mengandalkan informasi dari situs pencari maka otaknya tidak lagi terbiasa untuk mengingat. “Kita menjadi simbiosis dengan alat-alat teknologi yang kita gunakan,” kata Profesor Betsy Sparrow, pimpinan penelitian.

Kebiasaan menggunakan situs mesin pencari akan berujung pada melemahnya kinerja otak dalam menyimpan informasi. “Kita menjadi tergantung kepadanya setingkat dengan informasi yang kita peroleh dari teman ataupun rekan kerja. Memori manusia beradaptasi dengan teknologi komunikasi baru,” ucap Sparrow.(Telegraph/BOG)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s