Waspada! Bulimia Bisa Lemahkan Fungsi Otak

Washington: Gangguan makan Bulimia Nervosa diteliti memiliki keterkaitan pada menurunnya fungsi otak. Gangguan ini merupakan kelainan parah yang diikuti oleh perilaku ekstrim menghindari kenaikan berat badan, seperti memaksakan diri muntah, penggunaan obat pencahar, atau olahraga berlebihan.

Penilitian terbaru yang dipimpin oleh Guido Frank, asisten profesor di Departemen Psikiatri & Neuroscience dan Direktur Program Penelitian & Pembangunan Otak di Kampus Kedokoteran University of Colorado Anschutz ini mempelajari respon otak terhadap perintah dopamin pada wanita penderita bulimia dan wanita sehat, Kamis (14/7).

Dopamin merupakan neurotransmitter atau bahan kimia penting otak yang membantu mengatur perilaku dalam belajar dan motivasi. Wanita penderita bulimia telah melemahkan respon otak di bagian sirkuit jaringan utama otak. Respon ini terkait dengan frekuensi masalah ketagihan makan. Makan terlalu banyak dapat menyebabkan respon lemah dan memicu efek buruk fungsi otak.

“Ini penelitian pertama yang menunjukkan bahwa dopamin otak terkait dengan sekumpulan jaringan sirkuit otak dan memiliki peran besar dalam bulimia. Jaringan ini lah yang memodulasi kita untuk makan. Kami juga menemukan aktivasi jaringan ini berkurang pada wanita bulimia,” kata Frank.

“Dan, semakin sering seseorang mengalami gangguan makan, semakin berkurang responsif otak mereka. Hal ini menunjukan perilaku gangguan makan dapat secara langsung mempengaruhi fungsi otak. Temuan ini penting, karena sistem otak neurotransmitter dopamin bisa menjadi target pengobatan untuk bulimia nervosa,” tambahnya. (Zeenews/MEL

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s