Estrogen Lindungi Wanita dari Kanker Lambung

Massachusetts: Pepatah bahwa usia pria lebih pendek dari wanita mungkin ada benarnya. Tidak hanya memiliki daya tahan tubuh juga gaya hidup yang lebih baik, wanita dan pria memiliki perbedaan biologis dasar. Wanita juga memiliki kandungan hormon estrogen lebih tinggi yang dapat melindunginya dari serangan berbagai jenis kanker, terutama kanker Lambung.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh para ahli dari Massachusetts Institute of Technology (MIT) menemukan estrogen dapat melindungi tubuh dari serangan kanker lambung. Untuk membuktikannya, para peneliti mencoba untuk mengobati tikus jantan dengan estrogen. Ditemukan, estrogen secara dramatis mampu melawan sel kanker lambung, khususnya kanker yang disebabkan oleh infeksi kronis dengan bakteri Helicobacter pylori.

Kanker lambung adalah penyebab utama kedua kematian akibat kanker di seluruh dunia, dan orang yang terinfeksi dengan H. pylori jauh lebih mungkin mengembangkan kanker lambung daripada orang yang tidak terinfeksi. Lebih dari 50 persen dari populasi dunia terinfeksi, meskipun sebagian besar tidak mengalami gejala apa pun.

Karena itulah, para peneliti berharap hasil penelitian ini dapat mengarahkan para praktisi kesehatan mempertimbangkan efek menakjubkan estrogen untuk pengobatan pasien dengan kasus kanker lambung. “Jika kita bisa menspesifikasi efek estrogen manakah yang menyebabkan perlindungan ini, maka kita bisa menemukan terapi yang lebih baik,” kata pimpinan penelitian, Alexander Sheh.(Zeenews/ADO)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s