Super Tomat, Si Pelawan Kanker

 London: Para peneliti Inggris mengklaim telah mengembangkan sayuran buatan baru yang disebut “super tomat”. Sayuran kemerah-kemerahan itu sudah diperkaya dengan mineral yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu mencegah kanker.

Seperti dikutip Zeenews.com, Ahad (17/7), varietas baru itu sudah diperkaya dengan anti-oksidan kuat selenium, yang dipercaya tak hanya bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh tetapi juga membantu mencegah kanker. Tomat itu juga sudah banyak dijual di Inggris.

Mineral yang bisa ditemukan secara alami dalam makanan, seperti kacang Brasil, kerang, dan hati, juga penting untuk kelenjar tiroid. Tak hanya itu, mineral itu juga bisa menentukan seberapa cepat tubuh menggunakan energi dan bisa menghasilkan protein.

Ilmuwan makanan di Marks & Spencer, perusahaan yang mengembangkan varietas baru tersebut, mengalihkan perhatian mereka ke mineral, karena hal itu kurang mendapat perhatian warga Inggris. Konsentrasi rendah di tanah pertanian berarti sedikit mineral yang menemukan jalan ke berbagai tumbuhan.

Ada bukti bahwa kekurangan mineral dapat menyebabkan penyakit jantung dan dapat membuat tubuh lebih mudah terserang infeksi, meski tidak secara langsung menyebabkan penyakit. “Selenium berperan penting dalam mendukung sistem kekebalan tubuh, dan mengonsumsi selenium yang cukup dapat mengurangi resiko kita terhadap kanker,” kata Carina Norris dari Nutrition Society.

Tetapi, kata Norris, banyak warga Inggris tidak mendapatkan cukup mineral dari diet mereka. Menurut data terbaru, rata-rata orang mengonsumsi mineral jauh di bawah target 60 miligram bagi perempuan dan 75 miligram untuk pria. Tomat super itu mengikuti penemuan sebelumnya, seperti susu Vitamin D, yoghurt, dan jus produksi Marks & Spencer, yang dikembangkan untuk membantu mengatasi masalah kesehatan.(SHA)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s