Uban Juga Bisa Ditemui pada Anak-anak

Atlanta: Rambut yang memutih atau beruban biasanya kerap kali ditemukan pada orangtua. Namun, siapa sangka rambut yang identik dengan penuaan juga bisa ada di rambut anak-anak. Umumnya, rambut abu-abu terjadi ketika sel-sel pigmen dalam folikel rambut secara bertahap mati.

Ketika isi pigem dalam sel rambut rendah, maka rambut tidak lagi diisi dengan banyak melanin yang akhirnya akan mengubah warna rambut menjadi putih atau abu-abu. Dokter anak dari Atlanta Jennifer Shu menerangkan, Sabtu (16/7), jika penemuan uban di rambut anak-anak adalah hal yang normal.

Jika rambut abu-abu yang muncul pada anak hanya satu hingga dua helai, menurut Shu tak perlu dikhawatirkan. Tapi jika uban yang muncul cukup banyak dan disertai gejala lain, maka Anda harus berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui penyebab pasti.

Kemungkinan besar, masalah gizi yang menjadi penyebab utama. Shu menerangkan jika masalah gizi yang paling mungkin adalah anemia (kekurangan zat besi). Selain itu, kekurangan vitamin B12 akibat pola makan yang salah atau penyerapan vitamin B12 yang buruk dari saluran pencernaan juga bisa menjadi faktor tumbuhnya uban di rambut mereka.

Selain itu kondisi rambut beruban pada anak-anak juga bisa disebabkan faktor genetik atau masalah medis. Seperti tingkat abnormal tiroid (penyakit Grave atau penyakit Hashimoto). Hal ini disebabkan tingkat tiroid yang abnormal akan mempengaruhi proses metabolisme dalam tubuh.(CNN/AIS)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s