Akun Hotmail Ber-password123456 Rawan Dibajak

Jakarta: Apakah Anda pemilik akun Hotmail? Bila memiliki layanan email dengan kata kunci umum seperti ‘123456’, sebaiknya Anda segera menggantinya. Sebab, saat ini Microsoft melarang penggunaan password ‘123456’ dan ‘ilovecats’ karena mudah diretas.
 
Menurut Program Manager Microsoft Hotmail Dick Craddock, penggunaan kata kunci seperti dua contoh tadi amat mudah dibajak peretas berbahaya dengan teknik trial-and-error. “Jadi, jika Anda menggunakan password yang umum, nanti akan diminta untuk mengubah sandi dengan sandi yang lebih kuat,” ujar Craddock.
Kata sandi kuat yang dimaksud adalah campuran huruf besar dan kecil, nomor, dan karakter lain. Sandi tersebut tak harus berdasarkan kata-kata di kamus atau informasi pribadi seperti data ulang tahun.
Sebuah kajian mengungkapkan bahwa beberapa email bisa bocor karena pengguna menggunakan kata sandi yang terlalu sederhana. Ketika peretas melanggar sistem di Gawker—sebuah jaringan blog di Amerika Serikat, tiga password yang paling umum adalah ‘123456, ‘password’, dan ‘12345678’.(EPN/ANT)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s