Kontrol Berat Badan dengan Garpu Ukuran Jumbo

Salt Lake City: Peralatan makan yang besar belum tentu membuat Anda banyak makan. Bisa jadi peralatan yang besar sebagai kunci untuk mengendalikan berat badan Anda. Seperti temuan peneliti University of Utah yang menyebutkan pengunjung restoran akan makan lebih sedikit ketika diselipkan garpu ukuran lebih besar di dalam porsi yang banyak.

Penelitian ini diterbitkan online di Journal of Consumer Research. Pada studi tersebut, pengunjung yang sedang makan siang atau makan malam di sebuah restoran Italia dipilih secara acak. Mereka diberikan garpu dengan ukuran yang berbeda, yakni 20 persen berukuran lebih besar atau 20 persen lebih kecil dibandingkan garpu yang biasa digunakan di restoran, Rabu (20/7).

Pada penelitian sebelumnya disebutkan piring besar tampaknya mendorong orang untuk makan lebih banyak. Lalu mengapa ukuran sendok garpu memiliki pengaruh berlawanan bagi pengunjung restoran?

“Garpu kecil memberikan perasaan bahwa mereka (garpu) tidak membuat banyak kemajuan untuk kenyang saat mereka lapar, yang menghasilkan konsumsi yang lebih, dibandingkan dengan ketika mereka memiliki garpu besar,” para peneliti menyimpulkan.

“Nenek menyuruh kita untuk mengonsumsi sedikit makanan, tapi ingat, ia juga memberitahu kita untuk mengunyah dengan baik sehingga tubuh memiliki cukup waktu untuk membiarkan kita tahu bahwa kita sudah kenyang. Namun, mengingat kehidupan orang yang semakin sibuk dan tren makan di restoran, jika kita tidak lama mengunyah, maka memakan dari garpu yang lebih besar sebenarnya bisa lebih membantu dalam mengontrol berlebihan”.

Dengan kata lain, garpu besar mengambil lebih banyak makanan, yang memberikan isyarat visual kepada orang bahwa mereka akan kekenyangan.

Para peneliti menunjukkan bahwa temuan mereka hanya berlaku untuk pelanggan restoran, dan tidak kepada orang-orang makan di rumah, seperti yang dilaporkan Healthday. Itu karena makan di rumah melibatkan tujuan yang agak berbeda daripada makan di sebuah restoran.

Tapi jika Anda mencoba untuk mengontrol berat badan dengan sedikit makan, tampaknya strategi garpu besar mungkin layak dicoba.(CBS/MEL)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s