Festival Balon Kertas Sambut Ramadhan

Jakarta: Banyak cara untuk menyambut Bulan Suci Ramadhan. Salah satunya di Wonosobo, Jawa Tengah, yang menggelar festival balon udara. Langit Kota Wonosobo yang juga bertepatan berulang tahun ke-186 tahun-pun merona dengan warna-warni aneka balon udara.

Tak mengherankan jika 20 ribu orang rela berkumpul demi menyaksikan pemandangan yang tidak biasa ini. Festival balon udara memang tak sekadar diadakan untuk menyambut Bulan Suci Ramadhan, tetapi sekaligus untuk merayakan ulang tahun Kota Wonosobo yang ke-186 tahun, Senin (18/7).

Meski terlihat kuat, ternyata sebagian besar balon-balon ini terbuat dari kertas. Tak hanya sulit menerbangkannya, sejumlah peserta pun sempat was-was jika balon udaranya tiba-tiba robek dan tak bisa terbang.

Untuk pembuatan balon udara, para peserta harus merogoh kocek yang tidak sedikit. Biaya membuat balon berukuran kecil sekitar Rp 1 juta hingga Rp 1,5 juta. Sedangkan balon berukuran sedang berkisar Rp 2,5 juta hingga Rp 4 juta rupiah dan balon berukuran besar mencapai Rp 10 juta.

Meski harga cukup mahal, namun warga justru berharap agar acara seperti ini terus dilestarikan.(MEL)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s