Manekin “Manusia” Berbikini Diprotes

 Milan: Anda tertarik melihat pakaian yang dikenakan sebuah manekin dalam etalase toko pakaian? Itu hal yang wajar. Di Itali, orang-orang yang berlalu lalang melewati toko pakaian ini pasti tidak akan ragu untuk melihat. Pasalnya manekin toko pakaian ini adalah seorang wanita.

“Manekin hidup,” itulah yang dikatakan para pengguna jalan di sekitar toko tersebut. Model yang menjadi manekin ini mengenakan bikini dan berdiri di dalam etalase kaca berlatar pantai buatan di sebuah pertokoan bernama The Coin di kawasan Milan, Itali.

Banyak terjadi pertentangan akan hal ini, persatuan buruh Itali pun menyatakan ketidaksetujuan mereka akan hal tersebut. “Manekin versi manusia ini adalah hanya strategi bisnis yang tidak berbahaya,” kata penjaga toko tersebut.

“Kami dipersalahkan atas mencari keuntungan melalui eksploitasi tubuh manusia,” ujar pemimpin toko The Coin Stefano Beraldo kepada jurnalis. “Tetapi hal ini hanyalah bisnis, dan ini bukanlah penemuan kami, bahkan hal ini sudah pernah terjadi sebelumnya,” tambahnya.

Protes pun datang dari perserikatan perdagangan utama Itali. Mereka memprotes penggunaan model hidup yang diperlihatkan di jendela toko. Menurut mereka seharusnya para pekerja dilindungi bukan dieksploitasi tubuhnya. Pasalnya, itu juga akan berpengaruh terhadap kecerdasan para pelanggan.

Para manekin itu berpose dengan bikini dengan latar pantai buatan dan memperjuangkan hak mereka dengan membawa tulisan “walaupun menjadi model adalah pekerjaan”.

Di balik itu Stefano pun mendapat dukungan dari para pengguna jalan yang tertarik akan penjualan produk pakaian musim panas yang menggunakan manekin itu.

Matteo Cuppeli 19 tahun, seorang model yang menjadi manekin itu menceritakan perasaanya pada sebuah media. “Saya tidak melihat ada skandal di balik semua itu. Kami hanya melakukan pekerjaan sebagai alat untuk mengiklankan produk pakaian mereka.” (yahoo/AFP/TNT)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s