Keberhasilan Anak Bisa Diprediksi Sejak Dini

London: Benarkah keberhasilan anak Anda bisa diprediksi lima menit setelah kelahiran? Kini bisa. Hal itu berkat tes kesehatan untuk setiap bayi yang dilakukan para peneliti. Seperti diwartakan Dailyamail, Jumat (22/7), penelitian terhadap 877 ribu remaja Swedia membandingkan hasil ujian sekolah mereka dengan skor Apgar setelah mereka lahir.

Hasilnya, para peneliti menemukan hubungan antara skor Apgar di bawah tujuh dan kecerdasan rendah di kemudian hari. Apgar adalah tes yang tingkat kesehatan bayi baru lahir pada skala satu sampai sepuluh dan berapa banyak perhatian medis terhadap kebutuhan anak. Penelitian itu adalah studi terbesar yang pernah dilakukan melihat hubungan antara kemampuan kognitif pada remaja dan tes Apgar.

Berdasarkan hasil tes, orangtua bisa memperkirakan lebih dekat pada masalah awal agar dapat membantu mengatasi kebutuhan anak saat mereka tumbuh dewasa. Tes Apgar diberikan antara satu dan lima menit setelah lahir.

Andrea Stuart, dokter kandungan di Rumah Sakit Pusat di Helsingborg, Swedia mengatakan, skor Apgar yang rendah bisa menemukan kelemahan anak. Ini termasuk sesak napas, kelahiran prematur, penggunaan obat ibu, infeksi. Hal itu mungkin berdampak pada fungsi otak di masa depan.

Tes Apgar juga bisa mengevaluasi denyut jantung bayi, pernapasan, tonus otot, warna kulit dan refleks (bersin atau batuk) pada skala satu sampai sepuluh. Skor dari delapan dan di atas dianggap tanda-tanda kesehatan yang baik. Tes ini dikembangkan Virginia Apgar pada 1952. Cara ini sederhana dan efektif dalam pengujian kesehatan sejak bayi.(AIS)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s