Mari Mendongeng untuk Anak

akarta: Meski ceritanya tak benar-benar terjadi dan hasil rekayasa imajinatif, mendongeng bisa dipakai sebagai salah satu sarana untuk membangung karakter anak sejak usia dini. “Dari unsur rekayasa imajinatif kita memasukkan unsur-unsur pembangunan karakter untuk anak, budi pekerti yang baik,” kata Awam Prakoso dalam dialog di Liputan 6 Pagi SCTV, Ahad (24/7).

Menurut pria yang biasa disapa Kang Awam ini, anak-anak di Kampung Doeng bahkan diajak berinteraksi dengan cerita dongengnya. “Sehingga motorik dan kreativitas anak tumbuh dengan anak,” ucapnya.

Dengan demikian, anak-anak akan terpacu untuk mendongeng sendiri dan rajin membaca buku. “Dengan langsung bercerita, bisa mengembangkan cakrawala imajinasi dan menumbuhkan kecerdasan emosional,” ujar Kang Awam.

Mengdongeng, lanjut Kang Awan, bisa dilakukan siapa saja dan mudah. Untuk membuat suatu cerita, kita bisa mengambil dari hal yang ada di lingkungan sekitar, tokoh perjuangan, maupun buku-buku. “Dari sandal yang hilang atau daun-daun pohon sudah bisa kita buat suatu cerita,” tutur Kang Awam.

Lantas, kapan waktu yang tepat untuk mendongeng? “Mendongenglah di saat anak siap mendengarkan dongeng,” saran Kang Awam. Mendongeng bisa dilakukan saat anak sedang bermain atau mau tidur. Saat mau tidur, mengdongenglah dengan cerita-cerita yang menginspirasi dan lebih lembut. “Sehingga membantu kedekatan batiniah anak dan orangtua serat membuat anak mudah menyerap pesak makna,” ucap Kang Awan.

Selain itu, dongeng juga bisa dilakukan saat-saat darurat, seperti ketika anak menangis atau tidak mau belajar. “Untuk saat darurat, dongeng kita bisa jadikan media untuk dekat dengan anak,” ujarnya.(BOG)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s