Kurang Matahari Kena Diabetes, Kelebihan Kena Jantung

Melbourne: Rendahnya kadar vitamin D yang disebabkan oleh minimnya terkena siraman sinar matahari berisiko diabetes tipe 2. Demikian hasil penelitian para ahli di Australia seperti dilansir Daily Express, Kamis (28/7).

Menurut penelitian itu, orang yang memiliki kadar tinggi vitamin D kecenderungannya kecil untuk pengembangan diabetes. “Hal ini sangat penting, jadi sebaiknya jangan diremehkan,” kata patolog Dr. Ken Sikaris, rekan penulis studi dari Melbourne.

Hasil penelitian sebelumnya menunjukkan, bahwa kekurangan vitamin D terbukti menjadi penyebab dari 600.000 kasus kanker yang ditemukan di seluruh dunia setiap tahunnya, terutama di Eropa utara. Vitamin ini juga ternyata menurunkan risiko kanker usus sebesar 40 persen dan mengurangi risiko perempuan terkena kanker payudara sebesar 50 persen.

Hasil penelitian tersebut juga menyarankan agar orang berhati-hati dengan kadar tinggi vitamin D. Mereka yang terlalu banyak kadar vit D-nya dalam tubuh berisiko terkena penyakit jantung. Vitamin D diperoleh 90 persen dari sinar ultraviolet sinar matahari. Vit D juga bisa diperoleh dari unsur makanan, seperti lemak ikan, susu, dan telur. (Zeenews/Vin)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s