Sony Merugi 199 Juta Dolar AS

Tokyo: Raksasa industri elektronika Jepang, Sony mencatat kerugian dalam periode April-Juni tahun ini setelah gempa bumi dan tsunami mengganggu produksi di beberapa pabriknya. Sony melaporkan kerugian bersih perusahaan 15.5 miliar yen atau kurang lebih US$ 199 juta untuk kuartal tersebut. Pada periode yang sama tahun lalu, Sony mencatat keuntungan 25,7 miliar yen.

Sony juga menurunkan prediksi pendapatan tahunan sebesar 25 persen ke kisaran 60 miliar yen. Perusahaan Jepang tersebut semula memproyeksikan keuntungan 80 miliar yen untuk tahun ini. Sony mengatakan penjualan dan laba “utamanya terkena dampak negatif gempa dahsyat di Jepang timur dan juga kelesuan lingkungan bisnis elektronika dan kurs tukar yang tidak menguntungkan”.

Sony bukan satu-satunya perusahaan elektronik terkemuka yang mencatat penurunan kinerja dalam kuartal yang sama. Panasonic melaporkan kerugian bersih sebesar 30,4 miliar yen. Pada kuartal yang sama tahun lalu, Panasonic mencatat keuntungan 43,7 miliar yen.

Sementara itu, Sharp membukukan kerugian 49,3 miliar yen, atau turun dari laba 10,7 miliar yen pada tahun lalu. Demikian dirilis BBC Indonesia.(ADO)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s